Demi Perdamaian, Presiden Jokowi Dukung Palestina dan Tolak Israel

 
Demi Perdamaian, Presiden Jokowi Dukung Palestina dan Tolak Israel

LADUNI.ID, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Ir Jokowi Widodo menyampaikan dukungan dan komitmen tegas atas permasalahan yang dihadapi oleh Palestina dan Israel. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi melalui perbincangan telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Dukungan Presiden Jokowi ini juga menjadi sikap Indonesia untuk tidak mengambil langkah apapun terkait normalisasi dengan Israel hingga terwujud perdamaian abadi dan komprehensif antara rakyat Palestina dan Israel.

"Indonesia sebagai negara muslim terbesar akan terus berupaya mendukung tercapainya perdamaian dan melakukan peran lebih besar dalam hal ini," demikian dilansir dari kantor berita Palestina WAFA, Kamis (17/12/2020).

Untuk melaksanakan upaya itu, Presiden Jokowi akan mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan tujuan bertemu mitranya dari Palestina, Riyad Al-Maliki, sebagai bagian dari upaya Indonesia untuk mendukung perdamaian.

Dalam perbincangan melalui telepon itu juga, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan perkembangan terakhir masalah Palestina dan upaya-upaya pimpinan untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina.

Dalam perbincangan itu, Presiden Abbas juga berterima kasih kepada Indonesia atas sikap yang mendukung hak-hak Palestina. Abbas juga menyampaikan penghargaan atas posisi Indonesia yang menolak normalisasi dengan Israel.

Selain itu, Abbas juga menghargai sikap Indonesia yang mendukung masalah Palestina di forum-forum internasional keanggotaannya di Dewan Keamanan PBB.

Hal itu, menurut Abbas, Indonesia menunjukkan komitmen kuat untuk mencapai perdamaian berdasarkan solusi dua negara sesuai dengan resolusi-resolusi hukum internasional.(*)

 

Editor: Muhammad Mihrob