Di Malam Jumat: Baca Surat Yasin Atau Al-Kahfi?

 
Di Malam Jumat: Baca Surat Yasin Atau Al-Kahfi?

LADUNI.ID, Jakarta - Tema ini berangkat dari perbincangan saat ngaji bersama PCI NU Jerman, disampaikan oleh Bu Dokter SasQa SasQa (Dokter Spesialis Jantung) dan dipandu oleh Bu Rina Agustina dari Jerman, Via Zoom.

Kita sudah lama mengamalkan surat Yasin dibaca di malam Jumat. Setelah datang kelompok Salafi tiba-tiba mereka membuat gaduh dengan ucapan mereka: "Nabi mengajarkan baca Al-Kahfi di malam Jumat, sementara Kiai mengajarkan baca Surat Yasin. Anda ingin ikut Nabi apa kiai?"

Jangan pernah terjebak dengan propaganda semacam ini. Nabi tidak bisa dibandingkan dengan Kiai, tidak Apple to Apple. Kalau ingin dibandingkan Kiai dengan ustaz-ustaz Salafi. Kita cukup menjawab: "Ikut Kiai otomatis ikut Nabi". Sebab baca Yasin di malam Jumat juga ada riwayat hadisnya.

Bagi yang baru tahu hadis yang menganjurkan baca surat-surat tertentu di malam Jumat, akan mengira hanya surat Al-Kahfi saja. Padahal menurut ulama ahli hadis dari Mesir ada banyak:

ﻭاﻋﻠﻢ ﺃﻥ اﻟﻤﺘﺒﺎﺩﺭ ﺇﻟﻰ ﺃﻛﺜﺮ اﻷﺫﻫﺎﻥ ﺃﻧﻪ ﻟﻴﺲ اﻟﻤﻄﻠﻮﺏ ﻗﺮاءﺗﻪ ﻟﻴﻠﺔ اﻟﺠﻤﻌﺔ ﻭﻳﻮﻣﻬﺎ ﺇﻻ اﻟﻜﻬﻒ ﻭﻋﻠﻴﻪ اﻟﻌﻤﻞ ﻓﻲ اﻟﺰﻭاﻳﺎ ﻭاﻟﻤﺪاﺭﺱ ﻭﻟﻴﺲ ﻛﺬﻟﻚ ﻓﻘﺪ ﻭﺭﺩﺕ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ ﻓﻲ ﻗﺮاءﺓ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻳﻮﻣﻬﺎ ﻭﻟﻴﻠﺘﻬﺎ

Ketahuilah bahwa yang sudah diketahui untuk dibaca di malam Jumat atau hari Jumat bukanlah Surat Al-Kahfi saja seperti yang diamalkan di pondokan dan madrasah. Sungguh ada banyak hadis yang menganjurkan membaca surat-surat Al-Qur'an selain Al-Kahfi, baik di malam atau di hari Jumat (Al-Munawi, Faidl Al-Qadir, 4/199).

Karena Yasin atau Al-Kahfi sama-sama ada hadisnya Maka kita amalkan kedua-duanya, di waktu yang berbeda sesuai teks hadis.

Yasin di Malam Jumat

مَنْ قَرَأَ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ حم الدُّخَانَ وَيس أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ (أخرجه البيهقى فى شعب الإيمان وضعفه عن أبى هريرة وأخرجه أيضًا : أبو يعلى)

Hadis: “Barang siapa membaca di malam Jumat Surat Hamim ad-Dukhan dan surat Yasin maka Allah mengampuni-nya di pagi hari” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman, ia menilai dlaif, dari Abu Hurairah. Juga oleh Abu Ya’la).

Itukan dhaif? Baik ada riwayat hadis yang lain yang memperkuat:

ﻭﺧﺒﺮ ﺃﺑﻲ ﺩاﻭﺩ ﻋﻦ اﻟﺤﺒﺮ ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺳﻮﺭﺓ ﻳﺲ ﻭاﻟﺼﺎﻓﺎﺕ ﻟﻴﻠﺔ اﻟﺠﻤﻌﺔ ﺃﻋﻄﺎﻩ اﻟﻠﻪ ﺳﺆﻟﻪ ﻭﻓﻴﻪ اﻧﻘﻄﺎﻉ

Riwayat Abu Dawud dari Ibnu Abbas: "Barangsiapa membaca Surat Yasin dan Shaffat di malam Jumat maka Allah berikan permintaannya" (sanadnya terputus, Faidl Al-Qadir 4/199)

Al-Kahfi di Hari Jumat (Siang)

عن أبي سعيد الخدري، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Dari Abu Said bahwa Nabi bersabda: “Barang siapa membaca Al-Kahfi di hari Jumat maka Allah akan memberi cahaya antara dirinya dan Ka’bah (HR Al-Hakim dan Al-Baihaqi).

Bagi warga NU yang di malam Jumat sudah mulai Yasinan jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan dengan sabun.(*)

***

Penulis: Ustadz Ma’ruf Khozin


Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara ketik LAKDM kirim SMS ke 1212
Tarif: Rp. 9900 / bulan khusus pengguna Telkomsel