KH. Husein Muhammad: Jangan Kafirkan Ahli Kiblat

 
KH. Husein Muhammad: Jangan Kafirkan Ahli Kiblat

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam sebuah postingan yang diunggah dan direpos kembali oleh KH. Habib Husein Muhammad, meceritakan bagaimana beliau saat di bulan puasa tahun 2017 di Fahmina, beliau mengaji kitab "Bidayah al-Hidayah" karya Imam Abu Hamid al-Ghazali. Beliau kemudian menulis:

Tanggal 11/01/17 sampai pada makalah yang sangat menarik dan masih sangat relevan dengan situasi kehidupan kita hari ini. Imam al-Ghazali mengatakan :

ولا تقطع بشهادتك على أحد من أهل القبلة بشرك أو كفر أو نفاق؛ فإن المطلع على السرائر هو الله تعالى.
فلا تدخل بين العباد وبين الله تعالى،
واعلم أنك يوم القيامة لا يقال لك: لِم لَمْ تلعن فلانا، ولم سكت عنه؟
بل لو لم تلعن ابليس طول عمرك، ولم تشغل لسانك بذكره لم تسأل عنه ولم تطالب به يوم القيامة.
وإذا لعنت أحدا من خلق الله تعالى طولبت به

“Janganlah kau memvonis syirik, kafir atau munafik terhadap seseorang ahli kiblat (orang yang masih shalat menghadap arah ka'bah). Karena yang mengetahui apa yang tersembunyi dalam hati manusia hanyalah Allah SWT.

Maka, janganlah kau ikut campur (intervensi) dalam urusan hamba Allah dengan Allah SWT.

Ketahuilah, bahwa pada hari kiamat kelak kau tidak akan ditanya:  "mengapa kau tidak mau mengutuk si Anu? Mengapa kau diam saja tentang dia?."

Bahkan andaikata pun kau tidak pernah mengutuk Iblis sepanjang hidupmu, dan tidak menyebutnya sekalipun, kau pun tidak akan ditanyai dan tidak akan dituntut oleh Allah nanti di hari kiamat.

Tetapi jika kau pernah mengutuk seseorang (makhluq Allah), maka kelak kau akan dituntut (oleh Allah SWT)”.

Nabi Muhammad Saw pada akhir haji beliau di depan sekitar 90 orang menyampaikan ajaran hak asasi manusia.

ايها الناس إِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ وَأَعْرَاضُكُمْ عَلَيْكُم حَرَامٌ كَحُرءمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا، فِي ثَهْرِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هَذَا، ثُمَّ قَالَ: أَلاَ هَلْ بَلَّغْتُ ؟ اللَّهُمَّ فَاشْهَدْ “

Wahai manusia. Sesungguhnya hidup, hak milik dan kehormatan kalian itu suci/terjaga seperti sucinya hari, bulan dan negeri kalian ini” lalu beliau bersabda : “Apakah aku telah menyampaikan ? Ya Allah saksikanlah” [HR Bukhari dan Muslim].

***

Berdasarkan postingan yang telah diunggah pada tanggal 11 Januari 2020 ini, KH. Husein Muhammad memposting kembali pada Selasa (11/01/2021) untuk mengingatkan pada kita semua tentang kesia-siaan orang yang suka mengutuk dengan perkataan kafir, kepada orang yang masih melaksanakan shalat menghadap arah kiblat.

Semoga dengan tulisan ini, kita semua bisa mawas diri agar tidak mudah mengutuk apalagi mengkafirkan orang lain, apalagi orang itu masih seagama dengan kita. Semoga pula, mereka yang terjebak dengan ideologi ekstremisme bisa membaca tulisan ini dan menjadi koreksi dari tindakannya selama ini. Wallahu a’lam bisshawab.(*)

***

Sumber: KH Habib Husein Muhammad
Editor: Muhammad Mihrob