Biografi Ajengan Abdullah Cicukang

 
Biografi Ajengan Abdullah Cicukang
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil Ajengan Abdullah Cicukang

  1. Kelahiran
  2. Keluarga
  3. Pendidikan
  4. Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)
  5. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

Ajengan Abdullah dilahirkan di di kampung Ciheulang, Ciparay, Kabupaten Bandung. Beliau merupakan putra dari Ajengan Husein.

Keluarga

Ajengan Abdullah melepas masa lajanganya dengan menikahi seorang gadis dari daerah Cicukang, Kota Bandung. Setelah menetap di sana beliau dikenal Ajengan Abdullah Cicukang.

Pendidikan

Ajengan Abdullah menghabiskan pendidikannya dengan belajar kepada Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)

Menurut salah seorang cucunya, KH. Asep Jamaluddin, Ajengan Abdullah saat menjadi santri Tebuireng turut serta dalam doa bersama untuk mendirikan NU. Tahun-tahun saat hendak mendirikan NU Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari mengajak para santrinya untuk memanjatkan doa untuk kesuksesan mendirikan organisasi NU terebut. 

Ketika pulang ke rumahnya, di kampung Ciheulang, Ciparay (Kabupaten Bandung sekarang), Ajengan Abdullah memperkenalkan NU kepada orang tuanya sendiri, Ajengan Husein. Pada awalnya, orang tua beliau menolaknya. Tapi beliau tidak berhenti untuk terus mendirikan NU di lingkungan rumahnya.

Hingga akhirnya, hanya butuh waktu sebulan, Ajengan Abdullah menjelaskan tentang NU hingga akhirnya diterima.

Pada tahun 1935, majalah Al-Mawaidz melaporkan ada kegiatan NU di Ciheulang Ciparay yang dihadiri pengurus-pengurus NU Cabang, di antaranya KH. Ahmad Dimyathi Sirnamiskin.

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Ajengan Abdullah Cicukang dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 02 April 2021, dan terakhir diedit tanggal 06 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya