Biografi KH. Gholib Pringsewu

 
Biografi KH. Gholib Pringsewu

Daftar Isi Profil KH. Gholib Pringsewu

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Mendirikan Madrasah
  4. Teladan

Kelahiran

KH. Gholib lahir pada tahun 1899, di Mojosantren, Sidoarjo, Jawa Timur. Beliau merupakan putra dari pasangan K Rohani bin K Nursihan dengan Muksiti.

Pendidikan

Di masa kecilnya, KH. Gholib memperoleh pendidikan agama langsung dari orang tuanya dan dari bangku sekolah Madrasah Ibtidaiyah di desa kelahirannya.

Mendirikan Madrasah

KH. Gholib mendirikan madrasah di daerah bambu seribu atau Pringsewu, Provinsi Lampung. Madrasah yang beliau bangung cukup untuk belajar 20 orang, terdiri atas tiga lokal berlantai tanah, berdinding geribik dan beratap genteng. Guru pertama di madrasah KH. Gholib bernama H. M Nuh, berasal dari Cianjur, Jawa Barat.

Pada tahun 1942, di masa penjajahan Jepang, lembaga pendidikan KH. Gholib tetap berjalan terus dan mengalami kemajuan sangat pesat.

Madrasah semakin maju ditandai dengan banyaknya santri dan juga hadirnya para guru madrasah baik dari Jawa maupun dari Lampung. Dengan keadan itu, ia mendirikan pesantren. Kondisi itu menarik minat belajar, mencapai ± 1.000 murid berasal dari Lampung, Palembang, Bengkulu dan Jambi.

Kompetensi yang dikembangkan di madrasah itu antara lain: bahasa Arab, nahwu, shorof, membaca Qur’an dengan fasih dan lagu yang merdu, memelihara waktu ibadah (tiba waktu sholat siswa dan guru harus sholat berjamaah di masjid).

Di madrasah itu, semua siswa belajar dengan gratis. Semua kebutuhan guru dijamin KH. Gholib itu sendiri. Kekayaan KH. Gholib juga disediakan untuk kemajuan madrasah dan pesantren.

Berdirinya lembaga pendidikan Islam di Pringsewu juga berdampak positif, seperti tidak ada pencurian di sekitar desa Pringsewu.

Teladan

KH. Gholib juga disegani oleh masyarakat dan tidak memperbedakan antara golongan, serta sayang pada fakir-miskin dan yatim piatu serta bergaul dengan masyarakat sekitar.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya