Biografi KH. Abdullah Mubarok Tasik, Pendiri Pesantren Suryalaya Tasikmalaya

 
Biografi KH. Abdullah Mubarok Tasik, Pendiri Pesantren Suryalaya Tasikmalaya
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Mendirikan Pesantren
3.2  Menjadi Mursyid Tarekat

4.    Chart Silsilah Sanad
5.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Abdullah Mubarok atau yang akrab dipanggil Abah Sepuh lahir tahun 1836 M, di Desa Cicalung, Kecamatan Tarikolot, Kabupaten Sumedang. Sekarang, kampung tersebut masuk ke dalam Desa Tanjungsari, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya. Beliau merupakan putra dari R. Nurapraja.

1.2 Wafat
Abah Sepuh wafat pada tangal 25 Januari 1956 M dalam usia yang cukup panjang, yaitu 120 tahun.

Beliau meninggalkan sebuah lembaga Pondok Pesantren Suryalaya yang sangat berharga bagi pembinaan umat manusia. Pesantren tersebut dilanjutkan putranya yang sudah dipersiapkan sejak awal, Abah Anom. Putranya yang kelima tersebut juga melanjutkan dan menggantinya dalam mursyid Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Abah Sepuh memulai pendidikannya dengan belajar mengaji kepada ayahnya, R. Nurapraja yang bekerja sebagai upas kecamatan. Abah Sepuh kemudian dibesarkan oleh uwaknya yang dikenal sebagai Kyai Jangkung. Sejak kecil, sudah gemar mengaji dan mesantren dan membantu orang tua dan keluarga, serta suka memperhatikan kesejahteraan masyarakat.

Setelah menyelesaikan pendidikan agama dalam bidang akidah, fiqih, dan lain-lain di tempat orang tuanya, beliau melanjutkan menimba ilmu agama ke Pesantren Sukamiskin Bandung. Di Pesantren Sukamiskin, beliau mendalami fiqih, nahwu, dan sharaf. Selain di pesantren tersebut, beliau juga belajar tarekat kepada pada Syekh Tolhah di Trusmi, Cirebon dan dan Syekh Kholil Bangkalan, Madura.

2.2 Guru Beliau

  1. R. Nurapraja (ayah)
  2. Syekh Tolhah,
  3. Syekh Kholil Bangkalan,

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Mendirikan Pesantren
Pada tahun 1890 M, ketika usianya 50 tahun, beliau membuka pengajian. Mula-mula di kampung Tundangan, kemudian ke kapung Cisero. Dan di tahun 1902 M, pindah ke kampung Godebag. Karena itulah beliau dikenal dengan sebutan Ajengan Godebag. Pada tahun 1905 M, beliau mendirikan Pesantren Suryalaya yang ternyata menarik minat masyarakat dan kemudian berkembang subur dan masih berdiri dan berkembang hingga sekarang.

3.2 Menjadi Mursyid Tarekat
Pada tahun 1907 M, guru tarekatnya dari Cirebon, Syekh Tolhah, sempat mengunjungi Pesantren Godebag. Gurunya tersebut melihat pesantren sebagai masa depan cerah untuk mengembangkan ilmu agama, termasuk tarekat. Maka, sekitar tahun 1908 dalam usia 72 tahun, beliau diangkat secara resmi (khirqoh) sebagai guru dan pemimpin pengamalan Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah oleh Syekh Tolhah.

Di dalam tarekat itu, juga memperoleh bimbingan ilmu tarekat dan (bertabaruk) kepada Syekh Kholil Bangkalan Madura dan bahkan memperoleh ijazah khusus Shalawat Bani Hasyim. Sejak diangkat menjadi mursyid, beliau semakin dikenal sebagai kyai dan pemimpin tarekat.

Pada tahun 1950 M, ketika usianya memasuki 114 tahun, Abah Sepuh mengangkat salah seorang putranya, KH. Ahmad Sohibul Wafa Tajul Arifin, sebagai pendamping yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin.

Pada tahun 1952 M, karena menghebatnya gangguan keamanan disamping usianya yang sudah uzur, Abah Sepuh beristirahat di Kota Tasikmalaya.

4. Chart Silsilah Sanad
Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Abdullah Mubarok Tasik dapat dilihat DI SINI.

5. Referensi
NU Online jabar


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 24 Januari 2023, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 25 januari 2024

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya