Isra' Mikraj dan Renungan Shalawat Tarhim

 
Isra' Mikraj dan Renungan Shalawat Tarhim

LADUNI.ID, Jakarta - Setiap pagi, menjelang subuh, mungkin saja sebagian dari kita mendengar sholawat tarhim. Ketika mendengarnya atau melantunkannya, boleh jadi sebagian dari kita pun ingatannya melayang pada peristiwa Isra Mi'raj. Karena sesungguhnya shalawat yang sering diputar di masjid-masjid di tanah air itu memang menjelaskan peristiwa spiritual luar biasa itu. 

 الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞ يَاإمَامَ الْمُجَاهِدِيْنَ ۞ يَارَسُوْلَ اللهْ

(Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu. Duhai pemimpin para pejuang, ya Rasulallah).

Untuk mereka yang tengah berjuang menembus batas-batas kemampuan diri, bergabunglah bersama barisan Rasulullah, karena beliau SAW lah pemimpin kita semua.

• الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞ يَانَاصِرَ اْلهُدَى ۞ يَا خَيْرَ خَلْقِ اللهْ

(Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu Duhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhluk yang terbaik).

Untuk mereka yang tengah mengais-ngais petunjuk ilahi di tumpukan sampah kehinaan diri, sapalah Rasul-mu karena dia lah mahkluk terbaik yang akan menggenggam tangan mu menuju petunjuk ilahi.

• الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞ يَانَاصِرَ الْحَقِّ يَارَسُوْلَ اللهْ

(Shalawat dan salam semoga tercurahkan atasmu Duhai penolong kebenaran, ya Rasulallah).

Dan khusus untuk mereka yang tengah menerima berbagai cobaan, fitnah dan tuduhan sehingga kebenaran dijungkirbalikkan, dan kezhaliman malah dielu-elukan, sampaikanlah shalawat dan salam kepada pemimpin kita yang akan mengantarkan kita pada kebenaran hakiki.

الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞ يَامَنْ اَسْرَى بِكَ مُهَيْمِنُ لَيْلًا نِلْتَ ۞ مَا نِلْتَ وَالأَنَامُ نِيَام

(Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu Wahai Yang Memperjalankanmu di malam hari Engkau memperoleh apa yang kau peroleh sementara semua manusia tidur).

Masuklah pada keheningan malam. Di saat gelap, cahaya ilahi itu akan lebih jelas terlihat. Ada yang terbangun, dan bangkit. Ada yang batinnya selalu terjaga meski raganya tengah terlelap. Ada yang memperoleh petunjuk ilahi di saat yang lain tidur setidur-tidurnya. Isra Nabi Muhammad telah dimulai.

وَتَقَدَّمْتَ لِلصَّلَاةِ فَصَلَّ كُلُّ مَنْ فِى السَّمَاءِ وَاَنْتَ الْإِمَامْ

(Semua penghuni langit melakukan shalat di belakangmu dan engkau menjadi imam).

Siapa yang membaca shalawat, seolah-olah mereka sedang sholat di belakang Nabi Muhammad. Mereka sedang bergabung dalam barisan para ruh suci dan para kekasih Allah. Barisan penduduk langit dan penghuni bumi menghadap Allah dengan Sang Nabi sebagai imam-nya. Bukankah kita bersedia menukar semua yang kita miliki hanya utk bisa ikut sholat bersama Nabi?

 وَاِلَى الْمُنْتَهَى رُفِعْتَ كَرِيْمًا وَ سَمِعْتَ نِدَاءً عَلَيْكَ السَّلَامْ ۞

(Engkau diberangkatkan ke Sidratul Muntaha karena kemuliaanmu. Dan engkau mendengar sapaan dari Allah: salam untuk mu).

Sampai di sini, tak ada kata-kata yang bisa menjelaskan Mi’raj sang Nabi. Air mata. Cuma air mata. Ketika Sang Khaliq menyapa Makhluk terbaikNya. Semua atribut keduniawian runtuh. Ketika nafsu dan ego kita lenyap, yang tampil hanyalah Allah. Maka Dia akan menjadi tangan kita, kaki kita, pendengaran dan penglihatan kita. Semua terjadi hanya karena ijinNya, maka tak penting lagi musibah atau anugerah; kemuliaan atau kehinaan diri.

يَا كَرِمَ الْأَخْلَاقْ ۞ يَارَسُوْلَ اللهْ ۞ صَلىَ اللهُ عَلَيْكَ ۞ وَ عَلىَ عَلِكَ وَ اَصْحَابِكَ أجْمَعِيْنَ۞

(Duhai yang paling mulia akhlaknya, ya Rasulullah. Semoga shalawat selalu tercurahkan padamu, pada keluargamu dan sahabatmu).

Rasul menjadi mulia karena ber-akhlak dengan akhlak Allah. Saat kembali ke dunia, yang terlihat adalah ketinggian akhlak beliau. Maka dunia spiritual bukan soal keghaiban apalagi sekedar keajaiban. Ini soal akhlak yang dimulai pada keluarga dan sahabat kita, lantas menyebarlah pesona akhlak ke penjuru dunia. Isra Mi’raj harus mengingatkan kita kembali akan krisis akhlak yang tengah kita alami.

Selamat memperingati Isra' Mi'raj bagi kaum muslimin. Semoga senantiasa kita bisa meneladani akhlak Rasulullah. Aamiin.(*)

***

Editor: Muhammad Mihrob