Khutbah Jumat: Ayat Muhkam dan Mutasyabih

 
Khutbah Jumat: Ayat Muhkam dan Mutasyabih
Sumber Gambar: Foto Ist

KHUTBAH PERTAMA :

إِنّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْل

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا

Kaum muslimin rahimakumullah.

Marilah kita memanjatkan Puja dan Puji Syukur kehadirat Allah SWT dengan nikmatnya dan hidayahnya kita dapat berkumpul disini menunaikan solat berjamah

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam yang telah menyampaikan Agama yang sempurna kepada umat manusia. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang selalu berpegang teguh dengan sunnah Beliau hingga ajal menjemput kita.

Kaum muslimin rahimakumullah

Allah SWT. telah berfirman

هُوَ الَّذِي أَنزَلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ مِنْهُ آيَاتٌ مُّحْكَمَاتٌ هُنَّ أُمُّ الْكِتَابِ وَأُخَرُ مُتَشَابِهَاتٌ ۖ فَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَاءَ الْفِتْنَةِ وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ ۗ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيلَهُ إِلَّا اللَّهُ ۗ وَالرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ يَقُولُونَ آمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِّنْ عِندِ رَبِّنَا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

“Dia-lah yang menurunkan al-Kitab (al-Quran) kepadamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, itulah pokok-pokok isi al-Qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta'wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal”. (QS. Ali Imran, 03:07).

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Ayat-ayat al-Qur’an, terdiri dari dua bagian, yaitu ayat-ayat muhkamat dan ayat-ayat mutasyabihat. Ayat-ayat muhkamat adalah ayat-ayat yang memberikan informasi secara jelas dan mudah dipahami isinya. Sedangkan ayat mutasyabih adalah ayat-ayat yang sulit dipahami baik maknanya, ataupun maksud-maksud yang ditetapkannya. Ayat-ayat muhkamat jumlahnya jauh lebih banyak dari ayat-ayat mutasyabihat. Contoh ayat-ayat muhkamat adalah ayat-ayat yang menjelaskan tentang hukum, tentang kepastian akidah, tentang hukum waris, dan sebagainya. Contoh dari ayat-ayat mutasyabihat antara lain, huruf-huruf abjad yang ada di awal beberapa surat al-Qur’an, seperti Alif Lam Mim, Alif Lam Ra’, Kaf Ha’ Ya’ ‘Ain Shad, dan sebagainya.

Baca juga: Khutbah Jumat: Anjuran Sabar dan Syukur dalam Menjalani Kehidupan

Ayat ini menjelaskan, bahwa sikap manusia terhadap diturunkannya ayat-ayat mutasyabihat tersebut ada dua macam, yaitu (1) orang-orang yang dalam hatinya terdapat penyakit kejiwaan, yang tidak menghendaki kebenaran, dan menjadikan ayat-ayat itu sebagai sarana untuk melakukan fitnah. Fitnah itu terus mereka sebarkan di berbagai kalangan dengan tujuan untuk mengacaukan masyarakat. Kelompok yang ke (2) adalah orang-orang yang memiliki ilmu yang sangat luas dan mendalam, mereka ingin mencari kebenaran dan hikmah dari ayat-ayat mutayabih tersebut dengan ilmu dan kemampuan yang dimilikinya. Apabila mereka tidak sanggup atau belum sanggup memahaminya, mereka berserah diri secara total kepada Allah s.w.t. sambil berdoa dan memohon petunjuk.

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Mereka yang memiliki ilmu yang mendalam ini, adalah sering melakukan penelitian terhadap alam semesta dengan segala peristiwanya yang menakjubkan. Dari penelitian itu, mereka memahami kebenaran yang datangnya dari Allah s.w.t. dan dapat melahirkan ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia, seperti sains dan teknologi. Ilmu itu terus berkembang dalam hidup dan kehidupan manusia, sehingga melahirkan karya-karya besar yang spektakuler, yang bermanfaat bagi umat manusia dari masa ke masa.

Mereka yang memiliki ilmu yang luas dan mendalam itu, selalu mendekatkan diri kepada Allah s.w.t., dan selalu memohon bimbingan dan hidayah-Nya, disebutkan ayat berikutnya:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

 “(Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)".(QS. Ali Imran, 03:08).

Baca juga: Khutbah Jumat: Adab Berpakaian, Mengonsumsi Makanan dan Minuman

Mereka memohon dan berdoa kepada Allah s.w.t. agar senantiasa dipelihara, dibimbing, dan diberi petunjuk. Mereka juga memohon kepada Allah s.w.t. agar tidak tergelincir ke lembah kenistaan dan tersesat dari jalan yang benar. Mereka selalu memohon petunjuk menuju kebahagiaan yang abadi, baik dalam kehidupan dunia maupun dalam kehidupan akhirat.

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Orang-orang yang ilmunya luas dan mendalam, tergolong orang-orang yang paling bertakwa kepada Allah s.w.t.. Dengan ilmu yang dimilikinya, mereka akan memahami secara sempurna terhadap keagungan Allah s.w.t., dan tanda-tanda kebesaran-Nya yang ada dalam alam semesta yang berada di luar kita, yang disebut macro cosmos dan mereka juga memahami segala hal yang ada dalam dirinya yang menegaskan tentang keagungan ciptaan-Nya yang disebut micro cosmos. Selain memahami berbagai macam keagungan Allah dalam kehidupan dunia ini, mereka juga sangat memahami dan meyakini secara kuat tentang datangnya hari Akhirat. Semua manusia akan dimintai pertanggung jawaban tentang amal dan ibadahnya di dunia, pada saat mereka mengawali kehidupan di akhiratnya. Selanjutnya mereka menyatakan keyakinannya tentang hari akhirat, sebagaimana disebutkan dalam ayat berikut ini:

رَبَّنَا إِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيعَادَ

 “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya". Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji”. (QS. Ali Imran, 03:09).

Mereka yang ilmunya sangat mendalam itu, sangat meyakini tentang kehidupan hari akhirat. Hari itu merupakan hari pembalasan bagi setiap amal perbuatan manusia. Mereka yang berbuat baik akan dibalas dengan kebaikan yang berlipat ganda. Mereka yang tidak beriman dan berbuat keburukan akan memperoleh keburukan dan azab yang setimpal dengan aktivitasnya ketika mereka berada di dunia. Allah s.w.t. mengumpulkan semua umat manusia, untuk dimintai pertanggung jawaban atas amanah yang diberikan kepada mereka. Sebagaimana diketahui bahwa Allah telah memberikan amanah dan tugas kepada umat manusia sebagai khalifah agar mengelola alam ini bagi kesejahteraan semua makhluk. Setiap diri manusia akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat nanti, apakah ia melaksanakan amanat yang luhur itu, atau mengkhianatinya. Mereka yang melaksanakan amanat itu dengan baik akan meraih kebahagiaan yang hakiki dalam semua kehidupannya. Sebaliknya mereka yang mengkhianati amanat itu akan tercampakkan dalam kubangan kehinaan, baik di dunia apalagi di akhirat.

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Dari tulisan ini, setidaknya dapat disumpulkan bahwa ayat-ayat dalam al-Qur’an terdiri dari dua bagian, yang paling banyak adalah ayat-ayat muhkamat, yaitu ayat-ayat yang mudah dipahami baik isi maupun maksdunya. Sebagian kecil dari ayat-ayat al-Qur’an itu terdapat ayat-ayat mutasyabihat, yang susah dipahami, baik isi maupun maksudnya. Mereka yang dalam hatinya terdapat penyakit kejiwaan sering menggunakan ayat-ayat mutasyabihat tersebut untuk menyebarkan fitnah dan kekacauan di kalangan masyarakat. Sebaliknya, orang-orang yang ilmunya sangat luas dan mendalam, akan berusaha memahami ayat-ayat itu dengan sungguh-sungguh, dan mengembalikannya kepada Allah s.w.t., apabila mereka belum atau tidak mampu memahaminya. Mereka yang beriman dan berilmu, akan melakukan berbagai penelitian terhadap alam semesta dengan segala peristiwanya untuk melahirkan karya-karya besar dan spektakuler, yang bermanfaat bagi hidup dan kehidupan umat manusia.

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Demikianlah khutbah singkat ini, semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang senantiasa mengharap rahmat Allah SWT untuk mencapai kebahagian didunia dan akhirat. Amin...

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ إِنَّهُ هُوَ السَمِيْعُ العَلِيْمُ

KHUTBAH KEDUA:

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا أَمَّا بَعْدُ

فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

DO’A KHUTBAH

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.

اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ