Khutbah Jumat: Menapaki Jalan yang Benar Menuju Surga

 
Khutbah Jumat: Menapaki Jalan yang Benar Menuju Surga
Sumber Gambar: foto Ist

KHUTBAH PERTAMA

 

  للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذِي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، ذُواْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِه وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ

 

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Marilah di hari ini kita mempertebal ketaqwaan kita kepada Allah dengan menghindarkan diri dari kecurangan, kebohongan dan berbagai sifat tercela lainnya. Dan memulai hari-hari dengan amalan-amalan saleh yang nyata sebagai pembuktian kebenaran Iman. Sebab, segala perbuatan dan amal manusia, baik maupun buruk merupakan pencerminan imannya kepada Allah SWT.

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Setiap orang, yang sehat akalnya, sehat pikirannya, mendambakan surga. Surga adalah lambang dan tempat segala kenikmatan, kesenangan dan kebahagiaan. Bagi umat Islam surga itu diyakini adanya. Sungguhpun demikian, tidak semua orang berusaha untuk meraihnya dengan cara yang benar, bahkan justru banyak pula orang menapaki jalan surga yang salah. Sering terjadi gap antara harapan, cita-cita, sesuatu yang ideal, dengan realitas di lapangan.

Baca juga: Khutbah Jumat: Membumikan Sunnah Nabi Muhammad S.A.W.

Manusia dalam kehidupannya selalu mengalami dinamika, tidak dalam satu kondisi atau tingkatan yang sama. Ada tipe orang yang menghabiskan waktu malam atau siangnya untuk menaati dan mencari ridaan Allah SWT. Mereka senantiasa jujur, berbuat baik dalam hablum minallâh (hubungan dengan Allah Taala) dan hablum minan nâs (hubungan dengan sesama manusia). Tipe orang ini telah menyelamatkan diri mereka dari kehancuran dan siksa. Ada juga tipe orang yang menghabiskan waktu malam dan siang mereka dalam kemaksiatan dan melanggar perintah-perintah Allah Taala, dalam semua sisi kehidupannya, baik yang bersifat individual maupun terkait dengan orang lain, urusan publik. Selain itu, ada juga tipe orang yang rajin beribadah, tetapi di sisi lain ia pun bermaksiat, seperti hasud, ghibah yang tidak diperkenankan syara’, melakukan caci maki, hate speech (ujaran kebencian), membuat, memposting maupun men-share informasi atau berita hoaks, fitnah, mengadu domba, dan korupsi. Kedua tipe ini sejatinya orang yang tertipu (maghrûr), menuruti syahwat, hawa nafsu dan setan yang menyeretnya ke dalam kesesatan dan kehancuran. Orang dalam kedua tipe tersebut akan mendapatkan penderitaan di dunia, berupa ketidakdamaian hidup, bahkan dinginnya penjara akibat pelanggaran hukum, juga tentu siksa di akhirat.

Dalam sebuah hadits Nabi SAW disebutkan:
Artinya: Rasulullah SAW. Bersabda: ”Bersuci itu bagian dari iman, ucapan Alhamdulillah memperberat timbangan (kebaikan), ucapan Subhânallâh dan ucapan Alhamdulillâh memenuhi ruangan antara langit dan bumi, salat adalah nur (cahaya), sadaqah adalah burhan ”bukti nyata” sabar adalah pelita dan Al-Qur’an adalah “hujjah” argumen yang membela atau justru menuntutmu. Semua orang berusaha. Ia pertaruhkan (menjual) dirinya, apakah ia akan membebaskan dirinya ataupun justru menghancurkannya.” (HR. Muslim dari Abû Malik al-Hârits al-Asy’ari ra)

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Yang dimaksud potongan hadis di atas ”Setiap manusia pergi menjual dirinya. Apakah ia akan membebaskan dirinya ataupun menghancurkannya,” Hadis ini berarti bahwa siapapun yang berusaha menaati Allah SWT, maka ia telah menjual dirinya untuk Allah SWT dan membebaskan dirinya dari siksaan, sebaliknya siapapun yang melakukan kemaksiatan, maka ia telah menjual dirinya kepada kehinaan dan mencampakkan dirinya ke dalam lembah perbuatan dosa yang mengundang murka dan siksa Allah Taala. Firman Allah SWT:

وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا -٧- فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا -٨- قَدْ أَفْلَحَ مَن زَكَّاهَا -٩- وَقَدْ خَابَ مَن دَسَّاهَا -١٠-

 

Artinya: ”Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sungguh beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sungguh merugilah orang yang mengotorinya. (QS. al-Syâm [91]: 7-10)

Dengan kata lain, orang yang mensucikan dirinya dengan senantiasa mentaati Allah, maka beruntung, sebaliknya orang yang senantiasa melakukan maksiat, maka merugi. Jika demikian, maka ketaatan adalah penyuci jiwa dan akan mengantarkannya kepada tingkatan yang lebih tinggi, sedangkan kemaksiatan hanyalah memperdaya dan mengekang jiwa dan menjemuskannya ke dalam jurang ketidakdamaian dan kehancuran.

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Jalan menuju surga itu menurut Islam adalah jalan yang clear (jelas, terang benderang), dan mudah, yaitu dengan mentaati ketentuan-ketentuan atau rambu-rambu Allah Taala.  Hal itu karena Allah Taala telah menetapkan rambu-rambu di dalamnya: yaitu aturan mengenai yang halal dan yang haram. Siapapun yang berkomitmen dengan rambu-rambu itu maka ia akan sampai tujuan, sementara siapapun yang melanggar aturan-aturan yang ada maka ia akan sesat. Rambu-rambu itu tentunya sesuai dengan kemampuan manusia, karena Allah Swt menghendaki kemudahan bagi hamba-Nya dan tidak menghendaki kesulitan (QS. al-Baqarah [2]: 185). Jadi, jika seseorang telah melaksanakan yang halal, seperti menuntut ilmu sebagai jalan beribadah, bershadawah, wakaf, infaq, dan bersilaturahim, yakni memperkuat ukhuwah (persaudaraan), baik ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama Islam), ukhuwah wathaniyyah (persaudaraan sesama anak bangsa) maupun ukhuwah basyariyyah (persaudaraan sesama manusia), juga salat wajib, zakat, puasa dan haji bagi yang mampu (rukun Islam yang lima), serta menghindari yang haram, seperti mabuk-mabukan, mengonsumsi narkoba, korupsi, membunuh tanpa hak, terorisme, termasuk bom bunuh diri,  maka secara matematis (otomatis) ia telah melaksanakan semua tugas dalam agama dan akan masuk ke dalam surga. Hal ini dapat dipahami dari hadis Abû ‘Abdillâh Jâbir bin ‘Abdullâh al-Ansharî ra. yang mengisahkan tentang seseorang (yaitu Nu’mân) bertanya kepada Rasulullah saw. ia berkata:

Artinya: ”Jika aku shalat lima waktu, berpuasa Ramadhan, menghalalkan yang halal (yakni melakukan yang halal yang meyakininya) dan mengharamkan yang haram (yakni menjauhi yang haram). Lalu aku tidak menambah lagi selain amalan itu, apakah aku masuk surga?” Beliau menjawab, “Ya”!. (HR. Muslim)

Baca juga: Khutbah Jumat: Menaati Risalah Kenabian Sebagai Wujud Keimanan

Selain itu, juga ditegaskan oleh Nabi SAW: Wahai manusia! Tebarkanlah kedamaian, jalinlah silaturahim (ukhuwah, persaudaraan dalam arti luas), dan berilah makan orang yang membutuhkan, dan salatlah di waktu malam, takkala justru banyak manusia tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan kedamaian” (HR. al-Tirmidzî dari ‘Abdullâh bin Salâm).

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah,

Menjadi clear bahwa jalan menuju surga itu bukanlah dicapai dengan perbuatan zalim terhadap diri sendiri dan/atau orang lain, sikap ekstremisme atau ”radikalisme”, sebagai penyakit dan najis, dalam berbagai levelnya: radikalisme ringan (mukhaffafah) seperti intoleransi, radikalisme sedang (mutawassithah) seperti membida’ahkan tahlilan dan ziarah kubur, bahkan mengkafirkan orang dan amal keagamaan lain yang berbeda (takfîr), maupun radikalisme berat (mughalazhah), seperti terorisme, bahkan dengan cara bom bunuh diri. Jadi, kita harus menapaki jalan surga dengan cara yang benar. Semoga kita mendapatkan hidayah Allah SWT berada dalam jalan surga yang benar, yaitu menjadi saleh individual dan saleh sosial.

Hadirin yang dirahmati Allah,
Demikian khutbah yang singkat ini kami sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

 أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ  

KHUTBAH KEDUA:

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

DO'A KHUTBAH:

 اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ  

_________________________________________
* Oleh: Ahmad Ali MD, MA., Dai Moderat, Pemateri Keislaman di Tiga Benua (Asia, Afrika dan Eropa).