Imam Besar di Sudan Shalat Menggunakan Langgam Jawa

 
Imam Besar di Sudan Shalat Menggunakan Langgam Jawa
Sumber Gambar: Foto istimewa

Laduni.ID Jakarta - Salah satu imam besar masjid di Sudan Syekh Nourin Mohamed Siddiq dalam mengimami Shalat di masjid besar di Sudan menggunakan bacaan ayat Alqur'an dengan langgam Jawa.

Langgam atau kidung Jawa yang berarti lagu dalam membaca ayat suci Al Quran dengan menggunakan ciri khas daerah Jawa, dalam pembacaanya seperti sedang menyanyikan kidung Jawa yang mencerminkan budaya Jawa.

Awal mula yang mencetuskan lagu Langgam Jawa ini adalah Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama melalui budaya di daerah Cirebon, ia juga di kenal sebagai wali yang pandai membuat syair-syair dan hingga hari ini masih tetap terjaga bahkan hingga mendunia.

Seperti salah satu masjid di Sudan yang menggunakan langgam oleh imam besar Syekh Nourin Mohamed Siddiq dalam mengimami shalat menggunakan nada langgam dan membacakannya sangat khusu seperti yang terlihat dalam vidio unggahan dalam kanal YouTube ORIGINAL TAWHEED yang sudah di tonton sebanyak 1.2 juta.

Terbukti bahwa konsep dakwah yang di gunakan oleh Sunan Kalijaga hingga saat ini dapat diterima dengan baik bahkan mendunia seperti di negara negara Afrika dan Timur Tengah konsep dakwah Islam Nusantara dapat di terima dengan baik, karena konsep dakwah ini dianggap sukses mewujudkan perdamaian antar umat beragama.

Di Sudan lagu langgam Jawa ini termasuk langgam favorit karena dapat memberikan efek yang tenang bagi para pendengarnya, bahwa ini telah menunjukkan bahwa eksistensi konsep dakwah Islam Nusantara dapat diakui oleh dunia.

Source: