Penulis Atlas Wali Songo KH. Agus Sunyoto Meninggal Dunia

 
Penulis Atlas Wali Songo KH. Agus Sunyoto Meninggal Dunia
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Kabar duka datang dari salah satu tokoh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Beliau adalah ketua Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Arifin, Malang, KH. Agus Sunyoto meninggal dunia.

Dikutip dari Republika (27/4), KH. Helmy Faisal Zaini, Sekjen PBNU mengonfirmasi hal tersebut melalui keterangan tertulisnya. "Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Mengucapkan dukacita dan belasungkawa atas wafatnya guru kami, orang tua kami, abah K. Ng. H. Agus Sunyoto, Pengasuh Pesantren Global Tarbiyatul Arifin, Malang, Jawa Timur, dan Ketua Lesbumi PBNU, pada Selasa 27 April 2021, 15 Ramadhan 1422 H, pukul 07.25 WIB," kata KH. Helmy.

Ulama kelahiran, 21 Agustus 1959 ini tidak hanya fokus pada sejarah saja, namun juga merupakan seorang penulis yang aktif. Beliau memulai karirnya sebagai kolumnis pada tahun 1984, dilanjut sebagai wartawan dan pada tahun 1990-an beliau di LSM dan melakukan banyak penelitian tentang social dan sejarah.

Salah satu karyanya yang paling fenomenal adalah “Atlas Wali Songo: Buku Pertama Yang Mengungkap Wali Songo Sebagai Fakta Sejarah”.