Pesantren Tahfidzhul Qur'an Subulun Najah Magetan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Tahfidzhul Qur'an Subulun Najah Magetan
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pondok pesantren Subulun Najah beralamatkan di dusun Ngasinan desa Kedung Panji kecamatan Lembeyean kabupaten Magetan.Pondok pesantren Subulun Najah Terletak didaerah pedesaan, berbatasan dengan desa Palur ditimur, sebelah barat berbatasan dengan desa Nguri.Sebelah Utara berbatasan dengan desa Semen,serta sebelah selatan berbatasan dengan desa Nguri.5 km dari arah kota Magetan, berbatasan dengan kabupaten Magetan dan kabupaten Madiun. Pondok pesantren Subulun Najah bisa diakses menggunakan sepeda motor ataupun dengan Mobil, namun tidak bisa diakses menggunakan angkutan umum karena terletak dipedesaan.

Sebagaimana lembaga pada umunya pondok pesantren Subulun Najah memiliki tujuan yang hendak dicapai, Membentuk manusia yang beriman, beramal sholeh dan berakhlak mulia. Berguna bagi agama dan masyarakat. Mengamalkan ilmu yang dimiliki guna menyebarkan dakwah agama Islam dengan rohmatan lil alamin yang merupakan visi yang dimiliki pondok pesantren Subulun Najah. Dengan visi tersebut, Salah satu bentuk upaya pihak sekolah yaitu dengan menjalankan pembelajaraan kelas dasar dengan menggunakan kitab al-Maţlab sebagai salah satu sumber dan rujukan bimbingan akhlak untuk santri kelas dasar.

SEJARAH

Pada tahun 1926 dengan melihat keadaan masyarakat pada daerah lingkungan desa Kedung Panji yang memerlukan wadah belajar agama, serta lembaga yang dapat membantu mengatasi permasalahan agama di masyarakat, dan juga sebagai sarana tempat berdakwah agama Islam yang pada saat itu masih kurang intensif dan maksimalnya sarana berdakwah agama Islam di desa tersebut, kyai Hasyim sebagai tokoh agama di desa Kedung Panji tergerak hatinya untuk mendirikan sebuah tempat yang digunakan oleh masyarakat untuk belajar agama.

Dibantu oleh temannya mbah Syukur beliau berdua mulai mengedukasi masyarakat bahwa pentingnya ilmu agama Islam bagi kehidupan mereka. Dengan cara yang santun dan lemah lembut, serta didukung oleh pengaruh yang dimiliki oleh kyai Hasyim pada waktu itu sebagai tokoh agama yang sangat di segani oleh masyarakat, para warga masyarakat tergerak hatinya dan mulai berdatangan kepada Mbah Hasyim dan mbah Syukur untuk belajar agama. Setelah itu Mbah Syukur dan Mbah Hasyim dibantu oleh masyarakat sekitar utuk mendirikan masjid, lalu dibangunah pesantren disekitar masjid untuk memudahkan masyarakat sekitar untuk belajar agama. Pesantren itu kemudian diberi nama Subulun Najah.

Mbah Hasyim yang sebenarnya masih mempunyai garis kerabat atau keturunan dari pendiri desa kedung panji yaitu Mbah Hasan Muhammad dari Tegalsari Ponorogo, yakni beliu termasuk dari garis keturunan ke 4 dari Mbah Hasan Muhammad. Maka dari itu yayasan Pondok Subulun Najah diberi nama Hasan Muhammad sesuai dengan nama orang yang babat desa Kedung Panji. Sepeninggal Mbah Hasyim, Pondok Subulun Najah diteruskan oleh kerabat dan anak-anaknya untuk dijadikan tempat belajar agama terutama bagi warga kedung panji dan sekitarnya.

Sampai sepeninggalnya Mbah Ahmad Subakir pimpinan pondok ke 4 pondok pesantren Subulun Najah berkurang santrinya sampai akhirnya pondok Subulun Najah tidak memiliki santri sama sekali. Sampai pada masa KH.Ali Rohmat yang masih keturunan dari Mbah Hasyim berusaha untuk menghidupkan kembali Pondok Pesantren Subulun Najah.Beliau mengajak masyarakat sekitar terutama anak-anak mereka untuk belajar kembali ke pondok Subulun Najah.Selain itu juga beliau mencari anak-anak di daerah pelosok untuk masuk kepondok Subulun Najah, sampai akhirnya pondok Pesantren berkembang hingga saat ini.

Pengasuh

  1. KH. Hasyim​
  2. KH, Syukur
  3. KH. Ahmad Subakir
  4. KH. Ali Rohmat

Baca juga :  Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung

PENDIDIKAN

​​Pendidikan Non Formal

  1. TPQ
  2. Madrasah Diniyah
  3. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Kajian kitab kuning
  2. Tilawah Al Qur'an 
  3. Istighotsah
  4. Latihan pidato 4  bahasa
  5. Kursus Bahasa Inggris, Bahasa Arab 
  6. Tahfidzul Al-Qur'an
  7. Bahtsul Masa'il
  8. Seni Hadrah
  9. Ziarah
  10. Olahraga: Sepakbola/Futsal, Beladiri Pencak Silat Pagar Nusa

 
Hadrah di Pesantren Subulun Najah Magetan


Bahtsul Masail di Pesantren Subulun Najah Magetan


FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Masjid
  2. Perpustakaan
  3. Laboratorium Komputer
  4. Lapangan
  5. Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN)
  6. Asrama Putra dan Putri
  7. MCK
  8. Lahan Parkir
  9. Kantin

 


Gedung pesantren di pesantren Subulun Najah Magetan


Gedung Pesantren di pesantren Subulun Najah Magetan


Baca juga :   STAI Yamisa Soreang Kab. Bandung

ALAMAT

Dusun Ngasinan RT. 06 RW. 06 Desa Kedung Panji Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur

Kode Pos       :    63372

Telepon          :   0813-3570-9532

 

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.