Khutbah Jumat: Sambut Iedul Fitri dengan Syukur dan Saling Memaafkan

 
Khutbah Jumat: Sambut Iedul Fitri dengan Syukur dan Saling Memaafkan
Sumber Gambar: Dok.Laduni.ID

KHUTBAH PERTAMA

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي امْتَنَّ عَلَى الْعِبَادِ بِأَنْ يَجْعَلَ فِي كُلِّ زَمَانِ فَتْرَةٍ مِنَ الرُّسُلِ بَقَايَا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ، يَدْعُونَ مَنْ ضَلَّ إِلَى الْهُدَى، وَيَصْبِرُونَ مِنْهُمْ عَلَى الأَذَى، وَيُحْيُونَ بِكِتَابِ اللَّهِ أَهْلَ الْعَمَى، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىي وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْن. قَالَ اللهُ تَعَالَى: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مّمّن دَعَآ إِلَى اللّهِ وَعَمِلَ صَالِحاً وَقَالَ إِنّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Dari atas mimbar khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi, untuk senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari seluruh yang diharamkan.

Ramadhan telah berakhir. Bulan yang penuh berkah telah meninggalkan kita. Sebagian kita kerap mengungkapkan kesedihan atas kepergian Ramadhan. Menyesal karena tak memanfaatkan bulan yang mulia dan penuh ampunan, untuk beribadah dan berbuat kebajikan secara maksimal.

Kesedihan dalam mengakhiri Ramadhan merupakan hal yang wajar, terlebih jika kita menyimak hadist yang diriwayatkan Imam Thabrani, bahwa “Sekiranya para hamba (kaum Muslim) mengetahui kebajikan-kebajikan yang dikandung bulan Ramadhan, niscaya umatku mengharapkan Ramadhan terus ada sepanjang tahun.” (HR Abu Ya’la, ath-Thabrani, dan ad-Dailami). Dalam riwayat Ibnu Mas’ud, diceritakan, bahwa para sahabat Nabi, di hari-hari terakhir bulan Ramadhan merasakan kesedihan mendalam, hingga sebagian mereka menangis karena akan berpisah dengannya.

Syekh Abdullah bin Alawi Al-Haddad dalam syairnya yang mengharukan, mengajarkan kita, agar sesal dan sedih dalam melepas berakhirnya Ramadhan itu, diiringi dengan doa, agar kita diberi kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan berikutnya. 

لاتسكبالدمعاتلرحيلرمضان،فرمضانسيعود،لكناسكبالدمعاتخشيةأنيعودرمضانوأنتراحل

”Jangan tumpahkan air mata di atas kepergian Ramadhan, karena Ramadhan pasti akan kembali. Tapi tumpahkanlah air mata, karena takut saat Ramadhan kembali lagi sementara engkau yang pergi."

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Di sisi lain, kita juga bergembira, karena di hari inilah. Tanggal 1 Syawal, kita dijanjikan meraih ampunan dan pahala yang berlipat, setelah sebulan penuh berpuasa. Ungkapan kebahagiaan itu sangat syahdu terasa di malam 1 syawal, dengan bergemanya takbir diiringi bedug yang bertalu-talu. Selaras dengan Firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185, yang artinya :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَن كَانَ مَرِيضاً أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ -١٨٥-

“Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan puasa serta bertakbir (membesarkan) nama Allah atas petunjuk yang telah diberikan-Nya kepadamu, semoga dengan demikian kamu menjadi umat yang bersyukur.” (QS. Al Baqarah : 185)

Tradisi takbiran yang dilakukan umat islam di Indonesia merupakan syiar yang disyariatkan. Bahkan Imam Qurthubi, dalam tafsir Al-Jami` Li Ahkamil Quran menafsirkan ayat 185 Al-Baqarah tersebut, merupakan perintah yang mengajarkan umat Islam agar melakukan tradisi takbiran di malam lebaran. Sebab ayat ini memerintahkan begitu hitungan Ramadhan telah lengkap, maka bertakbirlah. Artinya, takbir dimulai sejak hilal 1 Syawal terlihat di hari terakhir bulan Ramadhan. Sebagaimana pendapat Imam Syafií yang merujuk pada tradisi para sahabat Nabi, seperti yang diriwayatkan oleh Sahabat Abdullah Ibnu Abbas,”Telah ditetapkan bagi umat Islam bila melihat hilal Syawwal untuk bertakbir”.

Sebuah hadist yang diriwayatkan imam At-Thabari, diungkapkan, bahwa Nabi Bersabda, “Orang yang menghidupkan malam `Idul Fithri dan `Idul Adh-ha dengan sungguh-sungguh tidak akan mati hatinya di hari hati manusia mati”(HR. At-Thabari dalam Al-Kabir dan Al-Haitsami dalam Majma` Zawaid 2:198).

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Mudik dan Halal Bihalal

Selain tradisi takbiran, kita juga mempunyai tradisi halal bihalal, bermaaf-maafan di hari lebaran. Meskipun istilah halal bihalal hanya ada di Indonesia, namun tradisi silaturahim dan bermaafan  di hari lebaran sebagai substansi dari halal bihalal, merupakan penjabaran dari hadist Nabi:

مَنْ صاَمَ رَمَضانَ ايْماناً وَاحْتِساباً غُفر لهُ ماَ تقدَّمَ مِنْ دنْبهِ


"Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan atas dasar keimanan dan dilaksanakan dengan benar maka diampuni dosa-dosanya yang telah lewat." (HR. Imam Muslim)

Bahwa puasa berdampak pada turunnya ampunan Allah kepada dosa-dosa yang kita lakukan. Dosa kita kepada Allah mungkin mendapat ampunan, namun sebagai mahluk sosial, kita juga tentu tak luput dari khilaf dan dosa kepada sesama manusia. Para ulama tasawwuf mengistilahkan khilaf dan sengketa dalam pergaulan sosial kita sebagai hak adam. Imam Ibnu Athaillah Assakandari, dalam kitab Al-Hikam mengungkapkan bahwa hak adam atau sengketa dan khilaf yang terjadi antara kita dan orang lain, harus dituntaskan dengan orang terkait hingga terjadi sikap saling rela dan saling memaafkan. Sebab sekecil apapun khilaf kita terhadap orang lain,-bahkan khilaf yang tak disengaja sekalipun,- akan menghalangi kita dari ampunan Allah, kecuali kita telah saling maaf-memaafkan.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Para ulama kerap mewanti-wanti kita agar jangan sampai terjebak menjadi orang yang bangkrut, seperti yang diisyaratkan Nabi Muhammad SAW.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَتَدْرُونَ مَا الْمُفْلِسُ قَالُوا الْمُفْلِسُ فِينَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ، فَقَالَ إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ - رواه مسلم

Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, 'Tahukah kalian siapakah orang yang muflis (bangkrut) itu? Para sahabat menjawab, 'Orang yang muflis (bangkrut) di antara kami adalah orang yang tidak punya dirham dan tidak punya harta.' Rasulullah SAW bersabda, 'Orang yang bankrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan (pahala) melaksanakan shalat, menjalankan puasa dan menunaikan zakat, namun ia juga datang (membawa dosa) dengan mencela si ini, menuduh si ini, memakan harta ini dan menumpahkan darah si ini serta memukul si ini. Maka akan diberinya orang-orang tersebut dari kebaikan-kebaikannya. Dan jika kebaikannya telah habis sebelum ia menunaikan kewajibannya, diambillah keburukan dosa-dosa mereka, lalu dicampakkan padanya dan ia dilemparkan ke dalam neraka. (HR. Muslim)

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Karena maaf-memaafkan merupakan urusan hati, maka kita dianjurkan untuk meminta maaf secara langsung terhadap orang-orang yang pernah kenal dan bersentuhan dalam lingkungan pergaulan kita. Sebab ketika orang yang pernah kita zalimi secara sengaja atau tidak sengaja, membawa sakit hatinya hingga ia meninggal, sementara kita belum sempat memohon maaf, maka kita akan terancam menjadi manusia bangkrut sebagai mana isyarat hadist tersebut.

Di sinilah esensi dari tradisi halal bihalan dan bermaaf-maafan di hari lebaran. Ajang silaturahim, berkumpulnya keluarga hingga tradisi mudik yang hanya ada di Indonesia itu, merupakan bagian dari upaya meneladani perintah Nabi, agar kita benar-benar memperoleh ampunan Allah di hari Iedul Fitri. Sehingga kita masuk dalam kelompok hamba yang mendapat ampunan Allah Swt, sebagaimana firmannya, dalam sebuah hadist qudsi:

 إِذَا صاَمُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ وَخَرَجُوا إلَى عِيدِكُمْ يَقُوْلُ اللهَ تَعاَلى ياَ مَلَا ئِكَتي كُلُّ عَاملٍ يَطْلُبُ أَجْرَهُ إِنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ فَيُناَدي مُنَادٍ ياَ أُمّةَ مُحَمّد ارْجِعوْا إلَى مَنَازِلِكمْ قد بَدَلْتُ سَيِّئاَتِكُم حَسَنَاتٍ فيَقوُل اللهُ تَعالى ياَ عِبادي صُمتُم لي وافطَرْتم لي فَقُوموْا مَغْفوْراً لَكم


Artinya: “Apabila mereka berpuasa di bulan Ramadhan kemudian keluar untuk merayakan hari raya, maka Allah pun berkata, ‘Wahai malaikatku, setiap yang mengerjakan amal kebajikan dan meminta balasannya sesungguhnya Aku telah mengampuni mereka’. Seseorang kemudian berseru, ‘Wahai umat Muhammad, pulanglah ke tempat tinggal kalian. Seluruh keburukan kalian diganti dengan kebaikan’. Kemudian Allah pun berkata, ‘Wahai hamba-Ku, kalian berpuasa untukku dan berbuka untukku. Maka bangunlah sebagai orang yang telah mendapat ampunan'.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Demikian khutbah yang singkat ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

 أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ  

KHUTBAH KEDUA:

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

DO'A KHUTBAH:

 اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ