Saya Gamang dengan Pilihan Saya, Apa yang Harus Saya Lakukan?

 
Saya Gamang dengan Pilihan Saya, Apa yang Harus Saya Lakukan?
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Assalamu’alaikum wr wb

Perkenalkan saya, mahasiswa di kampus swasta. Sekarang tingkat 3. Sejak sekolah, saya merasa tidak dihargai oleh orang tua saya. Kayaknya apa yang saya lakukan salah terus di mata orang tua baik ayah atau ibu. Cita-cita saya ditentang juga.

Baca juga: Trik Cepat Tingkatkan Kepercayaan Diri

Akhirnya saya memilih jurusan yang tidak direstui orang tua. Walaupun demikian saya tetap bertahan. Selama kuliah saya memperbanyak kegiatan yang justru di luar psikologi. Niat saya untuk membuktikan ke orang tua bahwa saya mampu. Akhirnya saya banyak ikut seminar, even dan sebagainya. Namun demikian saya jadi merasa tidak menguasai psikologi. Padahal saya kuliah sebentar lagi selesai. Sisi lain saya juga kepengin kerja, karena banyak waktu luang saat ini. Saya jadi gamang rasanya. Apa yang harus saya lakukan Pak?

Wassalamu’alaikum wr wb

S di Jakarta

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih sudah berkenan berbagi cerita dengan kita di sini. Apa yang Anda lakukan sebenarnya sudah membuktikan Anda memiliki kemampuan yang mungkin tidak semua orang punya. Anda bisa kuliah sambil berkegiatan positif yang banyak. Itu artinya Anda mampu.

Baca juga: Generasi Sandwich: Apa dan Bagaimana Menyikapinya?

Sekarang Anda fokus ke apa yang sedang Anda jalankan saja.  Anda sekarang fokus kuliah. Kuliahlah dengan sebaik-baiknya, tanpa ada niat untuk menunjukkan apapun ke orang tua.  Usahakan selesai tepat waktu. Jangan tergoda dengan hal lain di luar kuliah. Kalau Anda kerja lalu kuliah terbengkali, yang terjadi nanti orang tua bakal membully Anda lagi. Oleh karena itu  sekarang fokus dengan yang Anda lakukan. Mulailah saat ini sedikit demi sedikit Anda memfokuskan pada psikologi. Pelajari hal-hal yang berkaitan dengan psikologi sebagai bekal untuk menjadi orang sukses di bidang psikologi kelak.

Baca juga: Tips Menangani Anak Egois

Anda nikmati saja apapun yang terjadi.  Anda berusahalah untuk menjadi diri Anda sendiri. Jangan terpengaruh orang lain. Kalau Anda terpengaruh, Anda yang rugi. Sekarang, Anda perlu untuk memasang target kelulusan. Setelah itu Anda lanjutkan kuliah profesi psikolog sampai menjadi psikolog. Keteguhan sikap Anda pada satu bidang yaitu psikologi, lama-lama akan membuat orang tua Anda berubah. Tapi memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk menjalaninya.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya dan semoga Anda sukses dengan semua yang Anda cita-citakan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M. Psi, Psi