Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Penggunanya

 
Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Penggunanya
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta – Di era yang serba menggunakan alat elektronik, salah satunya dengan menggunakan media sosial sudah menjadi kebutuhan dalam sehari hari, untuk memenuhi kebutuhan seperti untuk menjalin komunikasi dengan kerabat, teman bahkan hingga pacar dan mencari informasi.

Pengguna media sosial terdiri dari berbagai kalangan, dari anak anak, dewasa hingga orang tua sudah pasti mengenal yang namanya Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak yang lainya. Melalui media sosial dapat berbagi informasi dan mencari informasi, namun tak sedikit yang salah dalam menangkap sebuah informasi. Dan kurang bijak dalam penggunaanya.

Baca Juga: Awas, Pamer di Media Sosial Mempengaruhi Kesehatan Jiwa

Maka diperlukanya bagi para pengguna media sosial untuk memahami dampak dari menggunakan media sosial agar dapat bijak dalam penggunaanya. Dan jangan sampai melalui media sosial dapat menjerumuskan kita. Berikut dampak positif dan negatif media sosial.

Dampak positif dari pengunaan media sosial:

1. Sebagai media penyimpanan informasi. Yang sangat mudah menyebar melalui situs jaringan sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.

2. Situs jaringan sosial membuat anak dan remaja lebih bersahabat, perhatian. Dengan mengggunakan situs-situs web, para pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

3. Media sosial dapat menyambung tali silaturrahmi memudahkan bagi orang yang memiliki sanak family yang jauh, jaringan sosial ini sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga dan kerabat yang berada jauh dari kita, dan yang jauh dengan yang lama sudah tidak bertemu. Hal tersebut dapat dilakukan lewat media maya seperti video call.

4. Mempermudah berbelanja, seperti menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari di sosial media, online shop, pria dan wanita,hal tersebut sangatlah mudah dilakukan, Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jsanya tanpa mengeluarkan banyak biaya. Apalagi bagi mahasiswa yang membutuhkan uang dengan kerja sampingan yang tidak begitu sulit. Mereka cukup memodali hp dan kuota lalu mempromosikannya, mulai dari teman ke teman, tetangga, bahkan yang jauh sekalipun.

Baca Juga: Polmark: Hoax Menjangkau 60,8 Pemilih Pengguna Media Sosial

5. Media sosial juga dapat memanfaatkan sebagai jalan dakwah atau menyampaikan ajaran-ajaran islam. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna bisa bersosialisasi dengan publik mengelola jaringan pertemanan, dan beradaptasi dengan siapapun, bahkan orang yang tidak dikenal dari seluruh penjuru dunia.

Dampak negatif dari penggunaan media sosial:

1. Berawal dari media sosial sering terjadi tindak kejahatan seperti penipuan, pembunuhan, pemerkosaan, penculikan dll.

2. Susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Karna penggunaan media sosial membuat malas para user untuk berkomunikasi dengan dunia nyata. Hal ini memang benar sekali, mempunya teman yang sangat aktif dalam bersosial media, dia selalu memposting apa saja yang ia kerjakan. Namun berbeda jauh dengan kenyataan. Ornag yang aktif di sosial media nyatanya adalah orang pendiam dan tidak banyak bergaul.

3. Karna pengunaan media sosial lebih sering menggunakan bahasa informal dalam keseharian sehingga bahasa yang formal pun menjadi terlupakan, jika tidak pandai mengontrol,jika tidak maka kita akan terjerumus dalam pergaulan bebas,karna tidak bisanya menjaga ucapan.

4. Situs media sosisal akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri, mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan disekitar meraka karna terlalu banyak menghabiskan waktu mereka dengan menggunakn internet.

Baca Juga: JK Minta LDNU Kuasai Media Sosial untuk Dakwah

5. Media sosial dapat membuat anak-anak dan remaja menjadi lalai dan juga tidak bisa membagi waktu karna terlalu asik dengan dunia maya, yang tidak tau bagaimana bentuknya seperti apa. Apalagi untuk seorang pelajar, apabila sudah kecanduan maka meraka lebih mementing hal tersebut dari pada keperluan, bahkan rela menyisihkan uang saku jika itu sangat membutuhkan kuota internet.

Oleh karna itu, tidak perlu terlalu mengikuti perkembangan jaman, kita harus pandai-pandai memilih cara dalam pergaulan di media sosial jangan sampai kita dikuasai oleh dunia tapi kitalah yang harus menguasai dunia, jangan pula menjadi orang yang ketinggalan jaman.

–––––––––
Sumber: IdCloudhost
Editor: Nasirudin Latif