Mengapa Madu Rasanya Manis?

 
Mengapa Madu Rasanya Manis?
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Teringat waktu masih ndeprok mendengarkan pengajian oleh Mbah Yai Anshor di Jogja sekitar hampir dua puluh tahun lalu. Waktu itu Mbah Yai menceritakan kisah yang sangat indah.

Salah satu mukjizat Kanjeng Nabi Dawud AS adalah kemerduan suara beliau ketika membaca Kitab Zabur hingga mampu membuat binatang-binatang di sekitarnya ikut menyimak dan berdendang. Ada kambing, burung, kupu-kupu juga lebah.

Baca Juga: KIASAN LEBAH YANG MENGHASILKAN MADU

Suatu hari, timbullah pertanyaan dalam hati Kanjeng Nabi Dawud AS. Mengapa bunga yang rasanya pahit, ketika dihisap sarinya oleh lebah bisa berubah menjadi manis? Nabi Dawud ingin mendengar jawabannya langsung dari sang lebah.

Pertanyaan ini membuat beliau gundah gulana. Disampaikanlah hal ini kepada Malaikat Jibril AS. Dengan izin Gusti Allah SWT, diberilah kesempatan kepada Kanjeng Nabi Dawud AS untuk bertanya langsung kepada lebah. Mengapa bunga yang rasanya pahit, ketika dihisap sarinya oleh lebah bisa berubah menjadi manis?

Dan sang lebah-pun menjawab: Ketahuilah wahai Nabi Allah, setiap kali aku akan menghisap sari bunga yang pahit rasanya, aku membiasakan diri bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga atas wasilah inilah Gusti Allah memberi izin sari bunga menjadi manis.

Baca Juga: Unik, Wisata Lebah Ini Bakal Bikin Wisatawan Mendapat Ilmu Budidaya Madu

Subhanallah... subhanallah... Mari kita perbanyak membaca shalawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW sehingga setiap kepahitan dalam hidup kita berbuah manis dengan izin Gusti Allah.

Oleh: Shuniyya Ruhama
Editor: Nasirudin Latif