Orang Indonesia Pertama yang Menemukan Makam Imam Bayhaqi Rahimahullah

 
Orang Indonesia Pertama yang Menemukan Makam Imam Bayhaqi Rahimahullah
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Iran – Firmansyah Djibran El’Syirazi mahasiswa University of Baghdad Iran, merupakan orang Indonesia pertama yang menemukan makam imam bayhaqi Rahimahullah seperti di kutip dari laman FB nya Pencari Sunyi (Firmansyah Djibran El’Syirazi Rabu 16 Juni 2021.

“Saya bersama Santri Nahdlatul Ulama (NU) Nailul Muna dari Pati Mathaliul al-Falah orang Indonesia pertama kali menemukan makamnya”. Tulisnya dalam postingan status beranda Facebooknya.

Baca Juga: Biografi Imam al-Baihaqi

Diketahui Ahmad bin Al-Husain bin Ali bin Musa bin Al-Khazraujirdi Al-Khurasani Al-Baihaqi atau yang kerap disapa dengan sebutan Imam al-Baihaqi lahir pada bulan Sya’ban tahun 384 Hijriah dan ia meninggal dunia pada tanggal 10 Jumadal Ula tahun 458 Hijriah

Menurutnya, Firman keberadaan makam Imam Bayhaqi Rahimahullah berada tidak jauh dari Kota Naisabur Iran, yang letaknya di atas bukit Kota Sabzvar.

“Makam Imam Bayhaqi Rahimahullah telah di temukan sekitar 100 km dari Kota Naisabur Iran dengan menempuh perjalanan yang sangat melelahkan. Saya harus menempuh perjalanan di pedesaan dan kebetulan letak nya di atas bukit di kota Sabzvar.” Jelasnya.

Makam nya sangat sepi tapi bersih tak seperti makam Imam Ghazali dan Imam Shahratani walau, pagar terkunci tapi kami disuruh untuk memanjat pagarnya oleh penduduk warga setempat stelah itu kami lanjut baca tahlilan dan tawassul. Alhmdulillah pungkasnya.

---------
Editor: Nasirudin Latif