Replika Makam dan Kamar Baginda Rasulullah Muhammad

 
Replika Makam dan Kamar Baginda Rasulullah Muhammad
Sumber Gambar: Foto (Ist)

Laduni.ID, Jakarta –  Keterangan ini saya terjemahkan dari postingan Facebook Syekh Ahmad Hajin, sebagaimana tertera di gambar. Ini adalah replika yang terdapat di museum Madinah Munawwarah. Tampak padanya kondisi bagian dalam kamar Baginda Nabi sampai sekarang.

Pada replika tersebut terdapat tiga pusara/makam, yang terdiri dari: pusara Baginda Nabi pada bagian paling kanan. Kemudian di sampingnya (dengan posisi lebih rendah) terdapat makam Sayidina Abu Bakar al-Shiddiq. Dan di sampingnya lagi adalah makam Sayidina Umar bin Khattab. Tampak juga pindahnya Siti Aisyah ke ruangan di bagian belakang yang beliau sekat atau pisahkan dari ruangan Baginda Nabi dan Sayidina Abu Bakar setelah Sayidina Umar dimakamkan di samping mereka berdua.

Kamar ini sebelumnya adalah kamar Siti Aisyah secara keseluruhan bersama Baginda Nabi saat masih hidup. Ini menunjukkan keluhuran sifat Siti Aisyah dan rasa malu beliau, hingga tidak berkenan tinggal satu ruangan dengan orang ajnabi -bukan suami, bukan keluarga- walaupun sudah wafat. Bagian paling bawah pada gambar nampak pintu yang biasa dilewati Baginda Nabi untuk keluar menuju Masjid Nabawi dari arah Raudlah Syarifah.

Sedangkan bagian atas pada gambar tampak pintu yang digunakan oleh Baginda Nabi untuk keluar menuju kamar-kamar Ummahat al-Mukminin (istri-istri beliau) yang lain. Juga pintu yang beliau gunakan untuk keluar rumah. Bagian paling kanan pada gambar tampak jendela yang Anda gunakan beruluk salam kepada Baginda Nabi, kemudian Sayidina Abu Bakar, lalu Sayidina Umar. Saat Anda berziarah ke Masjid Nabawi jangan lupa berselawat dan salam kepada Baginda Nabi. 

Oleh : Syahrian Najah (dari utasan/thread @syahriannajah_ )/ Sekretaris Ansor Mesir/ Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Universitas al-Azhar Kairo