Mengenal Guru Mbah Hamid Pasuruan

 
Mengenal Guru Mbah Hamid Pasuruan
Sumber Gambar: Habib Jakfar bin Syaikhon Assegaf (Foto: IG omahsantri.id)

Laduni.ID Jakarta – Habib Jakfar bin Syaikhon Assegaf atau Habib Syaikhon Assegaf Pasuruan (1881-1955), merupakan Ulama besar ahli Qur'an sekaligus waliyulloh asal Hadramaut yang berdakwah di Pasuruan, Jawa Timur. Beliau merupakan guru dari Waliyulloh Mbah Hamid Pasuruan.

Selain dikenal punya banyak karomah, Habib Jakfar merupakan Ulama Al Qur'an. Beliaulah Habaib yang kerap dijuluki Al Qur'an berjalan. Pemahaman beliau tentang Al Qur'an amat luas. Bacaan beliau sangat merdu. Saking merdunya, saat beliau membaca Al Qur'an, seolah huruf yang keluar dari bacaan beliau berbentuk. Habib Jakfar telah mencintai ilmu, khususnya Al Qur'an, sejak kecil. Sejak usia tamyiz, beliau mempelajari Al Qur'an hingga khatam. Mula-mula, Habib Jakfar belajar pada ayahandanya, Habib Syaikhon bin Ali Assegaf.

Setelah itu, Habib Jakfar belajar pada Ulama-ulama besar Hadramaut pada waktu itu. Diantara guru-gurunya, Habib Idrus bin Umar Al Habsy, Habib Ali bin Muhammad Al Habsy (Sohibul Maulid), dan Habib Ahmad bin Hasan Al Atthas. Pada 1902, saat berusia 21 tahun, beliau sempat ke tanah jawa, tapi hanya sebentar. Sebab melanjutkan perjalanan ke Makkah. Selama 8 tahun beliau di Makkah memperdalam ilmu, kemudian kembali ke Hadramaut untuk mengajar.

Pada 1921, saat berusia 40 tahun, Habib Jakfar kembali ke tanah Jawa. Beliau sempat berpindah-pindah tempat dari Surabaya hingga Bondowoso, sebelum akhirnya menetap di Pasururan sampai akhir hayat beliau. Di Pasuruan, Beliau mengajar Majlis Taklim. Banyak para penuntut ilmu dan Alim Ulama berkunjung pada beliau untuk mencari berkah dan ilmu. Sosok waliyulloh Mbah Hamid Pasuruan, adalah salah satu santri Habib Jakfar.

Semoga kita senantiasa mendapat Ridlo dari Allah, Syafaat dari Rasullullah, Karomah para Waliyullah, Barokah para Kiai dan Habaib serta wasilah doa orang tua kita. Alfatihah. (Disadur dari IG: omahsantri.id)