Kalam Mutiara Al-Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul

 
Kalam Mutiara Al-Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Habib Sholeh Tanggul merupakan seorang wali qhutub yang lahir di Desa Qorbah Ba Karman, Hadramaut, Yaman. Banyak karomah Habib Sholeh yang dirasakan oleh para pengikut beliau, dan sampai saat ini pun karomahnya masih dapat dirasakan oleh banyak orang yang hidup di zaman yang berbeda.

Semasa hidupnya beliau terkenal sebagai seorang sastrawan yang handal, dan gemar melantunkan syair-syair pujian kepada Allah. Kemudian syair-syair tersebut dirangkai oleh salah satu muridnya bernama Uztad Abdullah Zahir. Setelah dirangkai, syair-syair tersebut lalu dibukukan dan diberi nama “Diwan Al-Isyqi Was- Shofa Fi mahabbati Al- Habib Al- Musthofa” yang memiliki arti (Antologi Asmara Nan Suci Tentang Cinta Nabi Terkasih Al- Musthofa).

Tidak hanya syair-syair, banyak kalam-kalam beliau yang dijadikan sebagai pegangan dalam menjalani hidup, memotivasi agar semakin taat kepada Alla. Berikut beberapa kalam Mutiara Habib Sholeh Tanggul.

Hiduplah engkau seberapa pun lamanya, namun engkau pasti akan mati.

Cintailah siapapun dan apapun yang engkau sukai, namun engkau pasti akan berpisah dengannya.

Berbuatlah semaumu,

Namun engkau pasti akan menerima balasannya.

Barangsiapa yang ridho dengan rizqi yang Allah ta'ala telah berikan, maka ia akan tenang di dunia dan akhirat.

Barang siapa dapat menundukan nafsu sahwatnya, maka ia menjadi orang yang mulia di dunia dan akhirat.

Barangsiapa merasa cukup, sehingga tidak mengharap pemberian orang lain & dapat memelihara lisannya, maka dia akan selamat di dunia dan akhirat.

Seseorang akan naik derajatnya karena hasil perbuatannya bukan karena ucapan. Sesungguhnya air hujanlah yang menumbuhkan bunga, bukan suara petirnya yang keras.

ببركة صاحب الحول الإمام العارف بالله القطب الحبيب صالح بن محسن بن أحمد الحامد، الفاتحة

Semoga kalam mutiara Al-Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid dapat meningkatkan ketaqwaan kita semua.


Editor: Daniel Simatupang