Rahasia Sujud Bagi Pasien Covid-19

 
Rahasia Sujud Bagi Pasien Covid-19
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Umat Islam memiliki salah satu keajaiban yang sangat besar, yaitu sholat. Banyak penelitian dilakukan untuk mencari manfaat dari gerakan sholat, hasilnya ditemukan banyak sekali manfaat yang diterima tubuh melalui gerakan sholat, salah satunya sujud.

Pada era pandemi ini, umat Islam dituntut untuk sering melaksanakan wudhu agar terhindar dari virus corona. Karena dengan wudhu seseorang akan lebih sering untuk mencucui tangan dan bagian tubuh lainnya, begitupun dengan sholat.

Dr. Ahmad Oussama Rifai, MD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Ginjal dari Florida menjelaskan tentang manfaat sujud bagi pasien covid-19. Penjelasan dr. Rifai tersebut disampaikan oleh Dr. dr. H. Sagiran, Sp.B(K)KL., M.Kes , Dokter Bedah di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RS Nur Hidayah Bantul melalui video berdurasi lima menit.

Saat ini dr. Rifai juga sedang dirawat intensif di rumah sakit tempat ia bekerja, rumah sakit yang saat ini sedang menangani banyak sekali pasien akibat virus corona. Dalam videonya, dr. Sagiran sedang mempraktekkan posisi Proning (sujud), di video tersebut juga nampak dr. Rifai sedang mempraktekkan posisi proning.

Dr. Sagiran menjelaskan ketika dalam posisi sujud, kemudian menarik napas yang dalam dan dihentakkan dengan batuk ternyata mampu menyelamatkan jantung dari serangan covid-19.

Hal tersebut dapat jelaskan berdasarkan anatomi tubuh, sebab paru-paru terletak di bagian dada. Selama ini posisi tidur, duduk, dan berdiri bagian tubuh yang terbesar adalah bagian dada ke bawah. Serangan covid-19 menyebabkan paru-paru seperti “tenggelam”. Dr. Sagiran menjelaskan bahwa cairan tersebut bukanlah cairan bening pada umumnya, melainkan cairan yang memiliki karakteristik seperti lem, pekat. Sehingga cara mengatasinya adalah dengan proning (sujud).

Cara melakukannya ialah sama seperti sujud yang biasa dilakukan saat shalat, namun bedanya hanya durasi yang sedikit lebih lama dan melakukan tarikan nafas dan dihentakkan dengan batuk. Bahkan jika ada keluarga atau kerabat, dapat menepuk-nepuk ringan bagian punggung. Dr. sagiran menyebutkan bahwa hal tersebut dalam dunia medis disebut dngan istilah Chest Physiotherapy, yang berfungsi untuk pernapasan.

Ini merupakan suatu mukjizat dari shalat bagi umat Islam, baik yang sedang sakit maupun saat ini yang masih sehat. Hal ini membuat kita untuk terus melaksanakan shalat dan memperlama sujud, sebab dengan sujud bagian atas tubuh akan turun dan posisi paru-paru akan lebih tinggi. Sehingga dapat mengalirkan secret/cairan kental seperti lem, keluar melalui batuk dan dahak.

Dr. sagiran juga menyampaikan bahwa jangan berkecil hati melawan covid-19, tetap mematuhi protokol kesehatan, dan jauhi kerumunan. Bersama kita bisa, Bersama kita hadapi. Selamat mencoba.


Editor: Daniel Simatupang