Siapa yang Menafikan Istiwa'? (Bagian 2)

 
Siapa yang Menafikan Istiwa'? (Bagian 2)
Sumber Gambar: Kiai Abdul Wahab Ahmad

Laduni.ID, Jakarta – Dalam tulisan sebelumnya bagian pertama, saya bertanya tentang siapakah yang berkata bahwa Allah tidak beritiwa', yang konon kata Syaikh asy-Syinqiti ada ribuan orang yang berkata begitu? Saya tunggu-tunggu tidak ada jawaban sama sekali. Yang ada hanyalah klaim banyak... banyak... banyak.... Tentu klaim semacam ini tidak layak digubris bila ternyata satu pun tidak bisa dibuktikan.

Yang ada hanyalah penolakan satu ulama terhadap salah satu pemaknaan istawa yang dilakukan oleh ulama lainnya. Berbeda jauh antara menolak keberadaan istiwa' itu sendiri dengan menolak salah satu pemaknaan orang lain terhadap istiwa'. Seperti halnya bila saya berkata bahwa Ronaldo tidak menggeser botol Aqua saat konferensi pers di laga Grup F Euro 2020, jangan sampai diartikan bahwa saya mengatakan Ronaldo tidak pernah menggeser botol. Ketika saya mengatakan si A tidak menikahi si B, bukan berarti saya menafikan bahwa si A menikah. Ini logika sederhananya.

Dalam kasus istiwa' atau istawa-nya Allah, para ulama menafsirkannya berbeda-beda dan sebagaimana dalam hal-hal lainnya, mereka tidak saling sepakat.

- Sebagian menafsirkannya sebagai 'ala wartafa'a, sebagian ulama lainnya menolak penafsiran ini. Yang ditolak bukan istawanya, tapi penafsiran yang ini saja.

- Sebagian menafsirkannya sebagai istawla, sebagian ulama lainnya menolak penafsiran ini. Yang ditolak bukan istawanya, tapi penafsiran yang ini saja.

- Sebagian menafsirkannya sebagai qahhara wa dabbara, sebagian ulama lainnya menolak penafsiran ini. Yang ditolak bukan istawanya, tapi penafsiran yang ini saja.

- Sebagian lagi memilih tidak menafsirkannya sama sekali dan hanya berpendapat bahwa itu adalah sebuah tindakan yang Allah sebut sebagai istiwa' tanpa kita tahu apa sebenarnya itu sebab Allah dan Rasulullah tidak menjelaskannya. Sebagian ulama lainnya menolak posisi ini. Yang ditolak bukan istawanya, tapi posisi yang ini saja.

- Penganut aliran sesat mujassimah menafsirkannya sebagai istaqarra atau hulul alias bertempat secara fisik. Para ulama Ahlussunnah wal Jamaah (Asy'ariyah-Maturidiyah) sepakat menolak penafsiran ini. Yang ditolak lagi-lagi bukan istawanya, tapi penafsiran sesat tersebut.

Intinya, memaknai istawa dengan satu makna tertentu serta menolak makna lain karena dianggap tidak tepat sangatlah berbeda dengan menolak istawa itu sendiri. Sebagian orang yang dinisbatkan pada ilmu amat sangat disayangkan tidak mampu memahami logika amat sederhana ini. Mereka membuat narasi seolah siapa pun yang menolak pemaknaan mereka terhadap istawa, maka artinya menolak/menafikan istawa. Bahkan ada yang tanpa ragu mengatakan bahwa saat ini ada banyak orang yang berkata bahwa dirinya menolak istawa dengan alasan bla bla bla. Tentu ini adalah narasi kedustaan yang layak ditaubati, kalau masih takut pada dosa tentunya.

Bila sejelas ini masih tidak paham juga, maka Maha Benar Allah yang berfirman bahwa ada manusia yang shummun bukmun umyun fahum la ya'qilun.

Oleh: Abdul Wahab Ahmad


Editor: Daniel Simatupang