Haul Ke-47 Sang Kiai Zuhud Penerus Pesantren Lirboyo

 
Haul Ke-47 Sang Kiai Zuhud Penerus Pesantren Lirboyo
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Beliau adalah KH. Marzuqi Dahlan, keponakan sekaligus menantu dari pendiri Pondok Pesantren Lirboyo, KH. Abdul Karim (Mbah Manab). Mbah Juqi, panggilan beliau, adalah Putra dari KH. Dahlan bin Ujang Sholeh, Jampes, Kediri dengan Ibu Nyai Hj. Artimah binti KH. Sholeh, Banjarmlati, Kediri.

Kakak beliau KH. Ihsan bin Dahlan adalah Kiai yang masyhur di kalangan Pesantren Nusantara, hingga Kitab karangan Mbah Ihsan, Sirajut Tholibin syarah Minhajul Abidin Imam Al-Ghozali, masyhur hingga mancanegara dan juga menjadi pelajaran utama di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

Mbah Juqi sosok kiai yang amat sederhana dan jauh dari kemewahan. Kopyah penuh jahitan dan sepeda pancal adalah kendaraan beliau yang selalu beliau gunakan. Ndalem kasepuhan yang hanya berdinding bambu anyaman.

Sosok beliau bagaikan minyak dan air, Kiai Marzuqi dan kemewahan adalah dua hal yang tidak bisa bersatu. Tambalan sudah lumrah ada di pakaian yang beliau kenakan. Begitu pula warna yang kusam.

Sang istri pernah menyiapkan baju yang sudah disetrika untuk beliau. Alih-alih rapi, penampilan beliau justru tidak berubah sama sekali. Ternyata, sebelum dikenakan, baju itu lebih dulu dijatuhkan oleh beliau, kemudian diinjak-injak.

Alat apa saja, termasuk setrika, tidak bisa memangkas jarak yang telah terbentang sebegitu jauhnya antara Kiai Marzuqi dan segala hal yang berbau duniawi. Mbah Juqi, Seorang Kiai yang mencapai ilmu kasunyatan.

KH. Marzuqi Dahlan diambil menantu oleh KH. Abdul Karim dan dijodohkan dengan putrinya yang keempat bernama Nyai Maryam. KH. Marzuqi Dahlan dikaruniai 9 putra putri yaitu:

1. Nyai Hj. Siti Ruqoyyah (Istri KH. Ridlwan Abdurrozaq Al-Hafidz, Kodran)

2. KH. Ahmad Idris Marzuqi (wafat 2014)

3. Nyai Hj. Salimah (Istri KH. M. Thoha Khozin)

4. Nyai Hj. Muslihah (Istri KH. Abdul Aziz Manshur Paculgowang)

5. Nyai Hj. Khotimatul Khoiriyyah (Istri KH. M. Maftuh Bastul Birri, PPMQ Kodran)

6. KH. Muhammad Thohir Marzuqi (wafat 2013)

7. Nyai Hj. Malihah (Istri KH. M. Mahin Thoha, Pengasuh PP. Darussalam, Lirboyo)

8. KH. M. Bahrul Ulum Marzuqi (wafat 2010)

9. Mohammad Akhlis (Mbah Akhlis)

Beliau Simbah KH. Marzuqi Dahlan wafat pada hari Selasa, 14 Dzulqa'dah 1395 atau bertepatan dengan 18 November 1975 di Ndalem beliau. Makam beliau berada di Maqbaroh Dzuriyyah KH. Abdul Karim di barat Masjid Agung Lawang Songo, Pondok Pesantren Lirboyo.

Semoga kita diakui santri beliau dan nanti bisa Bersama-sama dengan beliau memasuki syurganya Allah SWTmbenjang saget sareng-sareng beliau mlebet suwargo nipun Gusti Allah SWT.

Aamin, Aamin, Ya Robbal Alamin. Teruntuk Shohibul Haul, KH. Marzuqi SDahlan, Al-Fatihah.

Dikutip dari Fadl Ahmad


Editor: Daniel Simatupang