Memilih Kampus atau Program Studi yang Tepat

 
Memilih Kampus atau Program Studi yang Tepat
Sumber Gambar: Laduni.ID

Assalamu’alaikum wr wb

Perkenalkan saya P dari Jogja. Ingin bertanya tentang studi, Pak. Saya siswa kelas 11. Saya bingung harus memilih jurusan apa nanti saat kuliah. Saya orangnya lebih suka merenung, dan kalau yang say abaca-baca, kelihatannya saya lebih menonjol di kecerdasan intrapersonal. Kira-kira jurusan apa yang cocok buat saya dan bagaimana cara memilih kampus/jurusan yang tepat? Terima kasih banyak Pak.

Wassalamu’alaikum wr wb

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Terima kasih saudari P sudah menghubungi kami di rubrik ini. Pertama saya apresiasi karena Anda sejak jauh hari sudah memikirkan perencanaan untuk kuliah. Mengenai pertanyaan Anda intinya ada dua yaitu pemilihan kampus/jurusan/program studi  secara umum dan pemilihan jurusan yang secara khusus sesuai dengan karakter Anda. Kita mulai dari yang umum dulu ya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih kampus/program studi, antara lain:

Pertama, pahami jenis-jenis perguruan tinggi. Ini perlu diketahui agar Anda menjadi lebih pasti akan pilihannya. Apakah akan masuk universitas yang terdiri dari banyak fakultas dari berbagai ilmu atau institut yang hanya memiliki banyak fakultas dari satu rumpun ilmu? Atau mungkin  sekolah tinggi yang memiliki jurusan dari satu bidang ilmu? Atau ingin masuk yang terapan seperti politeknik yang memiliki banyak jurusan atau akademi yang fokus pada satu bidang ilmu? Anda bisa mencari tahu lebih jauh di internet akan hal ini.

Baca juga: Tersiksa Karena Insomnia

Kedua, tentukan kampus negeri atau swasta?  Anda bisa melihat daftar kampus negeri atau swasta terbaik di berbagai media. Kalau Anda memilih PTN berarti Anda mesti mencari  tahu jenis seleksi yang ada seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau Jalur Mandiri. Adapun jika memilih PTS pastikan pilihan Anda termasuk PTS yang berkualitas. Anda bisa melihat daftar PTS terbaik di media.

Ketiga, memiliki akreditasi yang baik. Dibandingkan dengan peringkat kampus, akreditasi kampus/program studi jauh lebih penting. Info tentang akreditasi penting untuk diketahui untuk mengetahui kualitas sebuah kampus/jurusan. Anda bisa mengeceknya di https://banpt.or.id/.

Keempat, mengetahui biaya kuliah &biaya hidup di sekitar kampus. Ini perlu diketahui agar Anda bisa memprediksi besaran biaya yang harus disiapkan orang tua per bulan. Anda bisa survey ke lokasi atau mencari tahu lewat internet atau bertanya pada orang lain yang lebih tahu.

Kelima, hindari ikut-ikutan teman. Nantinya yang akan menjalani perkuliahan adalah Anda sendiri. Oleh karena itu tentukan pilihan Anda sendiri dan jangan berdasarkan ikutan teman-teman. Belum tentu apa yang dipilih teman Anda cocok untuk Anda. Oleh karena itu, jadilah diri sendiri dan tentukan pilihan Anda sendiri.

Baca juga: Lebih Penting Mana, Menikah Dulu atau Membantu Keluarga?

Keenam, tentukan jurusan sesuai minat,bakat & passion. Temukan minat dan bakat Anda. Anda bisa cek di online test untuk menemukannya. Selain itu Anda perlu menemukan passion Anda. Sesuatu yang paling kuat dalam diri Anda untuk melakukan sesuatu. Sebagai acuan Anda bisa membaca tentang teori multiple intelligent. Konsep kecerdasan yang berisi dari 8 jenis. Apakah Anda lebih menonjol di kecerdasan kinestetik, interpersonal, verbal linguistic, logic matematik, natural, intrapersonal, visual spatial atau musical. Tadi Anda menyampaikan kalau Anda termasuk menonjol di bidang intrapersonal. Program studi yang bisa Anda pilih antara lain filsafat atau psikologi.

Ketujuh, konsultasi dengan orang terdekat. Jika Anda bimbang, tanyalah ke orang terdekat Anda. Bisa bertanya kepada kakak angkatan yang sudah kuliah, teman, kerabat, orang tua atau guru. Bertanya kepada orang yang tepat akan membuat Anda memiliki gambaran yang lebih jelas tentang pilihan Anda.

Demikian penjelasan singkat dari saya. Semoga ada manfaatnya. Semoga sukses selalu untuk masa depan Anda ya…

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M. Psi, Psi