Keutamaan Ratibul Atthas

 
Keutamaan Ratibul Atthas
Sumber Gambar: Ilustrasi/Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Habib ‘Umar bin Abdurrahman Al Atthas adalah ulama dibalik penyusun Ratibul Atthas. Selain menjadi peninggalan karya beliau, Ratibul Atthas juga menjadi salah satu dzikir yang gemar diamalkan oleh masyarakat Indonesia.

Keutamaan dari membaca Ratibul Atthas ini sangat banyak, sebagaimana para ulama sebutkan dan jelaskan dalam banyak kitab. Diantaranya ialah saat murid beliau, Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwy Al Haddad (penyusun Ratibul Haddad) didatangi seseorang yang mengadukan salah satu kerabatnya yang ditimpa penyakit parah.

Al Imam Al Haddad lalu memberikan perintah untuk melazimi bacaan Ratibul Atthas kepada orang tersebut. Maka pulanglah orang tersebut dan memberitahukan pada kerabatnya tentang pesan yang disampaikan oleh Al Imam Al Haddad. Setelah beberapa lama terdengar kabar bahwa kerabat dari orang tersebut sudah sembuh, bahkan saat itu kerabatnya telah menikah dan dikaruniai beberapa anak.

Dalam keterangan yang lain juga disebutkan bahwa melazimi bacaan Ratibul Atthas dapat menjadi sebab panjang umur, terlindung dari kejahatan dan sihir, dan wafat dalam keadaan husnul khotimah.

Hal ini dikarenakan komposisi bacaan-bacaan yang terkandung di dalam Ratibul Atthas itu semua adalah dzikir-dzikir yang ada keterangan dari Rasulullah SAW, yang dihimpun dan disusun menjadi satu formula yang mujarab oleh Al Imam Quthbil Anfaas Al Habib Umar bin Abdurrahman Al Atthas.

Semoga kita semua mendapatkan hujan keberkahan dari Shohibu Ratibul Atthas dan diberikan kekuatan untuk mengamalkannya. Aamiin.

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّ

Disadur dari Majlis Fpkk Dukem


Editor: Daniel Simatupang