4 Wasiat Abah Guru Sekumpul kepada Orang Tua

 
4 Wasiat Abah Guru Sekumpul kepada Orang Tua
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Anak merupakan karunia yang Allah titipkan kepada para orangtua, dengan merawat anak orangtua juga menjaga apa yang Allah titipkan padanya. Oleh karena itu, KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) memberikan wasiat kepada para orangtua dalam merawat anak.

1. Jangan terlalu sering membuatnya menangis

Jika anak terlalu banyak menangis atau sedih, hal itu bisa membuat otaknya menyempit (tidak pintar) maka buatlah mereka senang dan gembira dengan cara yang kalian mampu.

2. Anak kecil itu seperti Wali

Maksudnya adalah anak tidak pernah berbuat dosa, dan terkadang dosa orangtua dapat berdampak pada anak. Oleh karena itu orangtua diharuskan untuk perbanyak taubat kepada Allah SWT, dan sering-sering mengingat Allah, supaya perilaku dapat terkontrol dan tidak berbuat kemaksiatan.

3. Jangan sering puji anak secara berlebihan

Jika anak sering dipuji dengan berlebihan, dikhawatirkan dapat menimbulkan sikap angkuh dan sombong pada anak, oleh karena itu hindari pujian yang berlebihan.

4. Jangan masukkan sesuatu yang haram pada tubuh anak

Sesuatu yang diharamkan itu jika masuk dalam tubuh anak akan menyebabkan hatinya menjadi keras dan menghitam. Orangtua hendaknya mencari pekerjaan yang halal, sehingga dapat memberi makanan yang halal pada anak. Jangan lupa untuk memasukkan anak pada sekolah-sekolah agama dan carikan guru yang fasih dalam hal agama, karena santri pasti akan mengikuti gurunya. Serta tidak lupa untuk mengenalkan orang-orang shaleh dan alim pada anak, agar anak mendapat keberkahan dari orang alim tersebut.

Jika ingin anak yang shaleh dan shalehah, orangtua juga diharapkan mau meniru kebiasan para orangtua dari orang-orang alim. Ayahanda Habib Umar bin Hafidz selalu mendidik beliau dengan kedisiplinan, serta menyerukan orangtua untuk memiliki hati yang cinta dan tersambung kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW, supaya anak juga memiliki hati yang demikian.

Kiai Arwani Amin juga menyarankan orang tua untuk melakukan usaha batin agar mendapatkan anak yang nurut, ahli Qur’an dan berakhlak baik. Usaha batin itu ialah membaca Surat Al-Furqan ayat 74 sebanyak tiga kali sehabis shalat.


Editor: Daniel Simatupang