Ketua PCNU Jakarta Pusat: Nabi Bersama Orang yang Menyantuni Anak Yatim

 
Ketua PCNU Jakarta Pusat: Nabi Bersama Orang yang Menyantuni Anak Yatim
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Nabi Muhammad SAW sangat sayang kepada anak yatim sekaligus orang yang menyantuninya. Bahkan beliau bersabda,

عَنْ سَهْلِ بَْنِ سَعْدٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم : أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئاً

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiallahu ‘anhu dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini’, kemudian Nabi SAW mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau.” (HR al-Bukhari no. 4998 dan 5659)

Demikian disampaikan Gus Syaifuddin, Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Jakarta Pusat dalam peringatan Tahun Baru Islam 1443 H dan Santunan Anak Yatim yang diselenggarakan di Sekretariat PCNU Jakarta Pusat di Kramat Lontar, Senen, Jakarta Pusat, Senin (23/8).

Gus Syaifuddin mengatakan hakikat dari memberi ialah menerima. Semakin banyak kita memberi khususnya kepada anak yatim maka insyaallah semakin banyak kita akan menerima. Dalam surat Al-Israa’ ayat 7 Allah SWT berfirman,

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ

Artinya: “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri…” (QS. al-Israa’: 7)

“Oleh karena itu, sebagai orang yang beriman dan bertaqwa, mari kita sisihkan rizki kita untuk kita berikan khususnya kepada anak-anak yatim dan para duafa. Hal ini sebagai bukti kecintaan kita kepada nabi Muhammad SAW,” jelas Gus Syaifuddin.

Gus Syaifuddin menambahkan, secara simbolis PCNU Jakarta Pusat menyantuni 20 anak yatim dan dihadirkan di lokasi. “Insyaallah sisanya akan kita adakan di beberapa kecamatan berbeda se-Jakarta Pusat,” ujar Gus Syaifuddin. 

“Bagi para donatur dan saudara sekalian, jika ingin memberikan bantuan dan santunan kepada anak-anak yatim piatu dan duafa melalui PCNU Jakarta Pusat, bisa langsung mengirim bantuannya ke nomor rekening Bank BRI 033501002620300 a.n. PBNU qq PCNU Jakarta Pusat dan bagi yang ingin mengirim barang bisa langsung menghubungi ke Farhan Maksudi di nomor WA 089668512839,” tutup Gus Syaifuddin.

Oleh: Farhan Maksudi


Editor: Daniel Simatupang