Begini Cara Menumbuhkan Harga Diri

 
Begini Cara Menumbuhkan Harga Diri
Sumber Gambar: Ilustrasi/Pixabay

Laduni.ID, Jakarta – Setiap manusia pastinya memiliki harga diri, sebuah nilai yang harus dijaga keberadaannya supaya seseorang bisa menjalani aktivitas kehidupan dengan lebih baik. Menurut Stuart dan Sundeen (1991), harga diri adalah sebuah penilaian individu terhadap pencapaian dalam menganalisa seberapa jauh perilaku memenuhi ideal dirinya (self-ideal).

Individu akan merasa senang jika diberikan respon positif terhadap beberapa aspek self-ideal, begitu pula sebaliknya, individu akan merasa tidak senang jika dikatakan dalam dirinya tidak terdapat self-ideal.

Dikutip dari Binus.ac.id, Gilmore mengatakan, “… self-esteem is a personal judgement of worthiness that is a personal that is expressed in attitude the individual holds toward himself”.

Harga diri (self-esteem) sendiri sangat berkaitan dengan rasa percaya diri, dimensi evaluatif menyeluruh dari diri, sehingga membentuk gambaran diri. Harga diri (self-esteem) merupakan aspek penting dalam kepribadian karena membentuk gambarin diri (self-image) secara keseluruhan.

Evaluasi ini menurut Baron dan Byrne didasarkan pada pengalaman spesifik individu dan opini orang lain terhadap self-ideal. Misalnya, lulus ujian, mendapat pekerjaan, kehilangan pekerjaan, apresiasi, penghinaan, kegagalan, dan opini-opini orang lain tentang individu.

Branden (1969) menyebutkan setidaknya ada tida komponen kunci dari harga diri:

1. Harga diri (self-esteem) merupakan kebutuhan manusia yang penting yang sangat vital bagi kelangsungan hidup normal dan perkembangan yang sehat.

2. Harga diri (self-esteem) muncul secara otomatis dari dalam berdasarkan keyakinan dan kesadaran seseorang.

3. Harga diri (self-esteem) seiring dengan pikiran, perilaku, perasaan dan tindakan seseorang.

Harga diri (self-esteem) dapat turun dan naik sesuai fase perkembangan. Menurut sebuah studi, harga diri (self-esteem) pada masa anak-anak mengalami kenaikan, namun akan cenderung menurun pada usia remaja, selanjutnya akan tinggi pada usia dewasa awal dan akan menurun di dewasa akhir.

Harga diri (self-esteem) cenderung stabil dalam beberapa bulan dan akan berubah ketika mengalami momen tertentu yang berdampak pada harga diri (self-esteem).

Dilansir dari unggahan Instagram Biro Psikologi Dinamis, berikut cara menumbuhkan keberhargaan diri:

1. Berbicara hal-hal yang positif terhadap diri sendiri (positive self-talk)

2. Rayakan keberhasilan atau pencapaian kecil dalam hidpu

3. Ubah keyakinan penghambat atau yang membatasi diri

4. Temukan aktivitas yang mampu membuat hidup menjadi bermakna

5. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain

6. Menjauhkan diri dari orang atau lingkungan yang toxic


Editor: Daniel Simatupang