Motivasi Menumbuhkan Keluarga Sejahtera

 
Motivasi Menumbuhkan Keluarga Sejahtera
Sumber Gambar: Freepik, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Setiap orang terlahir, tumbuh dan berkembang di tengah keluarga. Selanjutnya ketika dewasa, ia akan berusaha untuk melahirkan dan menumbuhkembangkan sebuah keluarga yang sejahtera, keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah.

Keluarga "samawah" idealnya diilhami spirit aqidah, spirit ibadah dan mengkreasi keihsanan dalam bentuk cinta dan kasih sayang (baiti jannati).

Maka wajar, jika setiap orang menghendaki untuk mewujudkan konsep samawah dalam keluarganya. Karena di dalamnya terdapat istri yang sholehah dan anak-anak baik, yang diharapkan menjadi dzurriyah, thoyyibah dan qurrota a'yun (pelita hati) bagi kita.

Tentu juga lumrah, ketika kecintaan seseorang kepada keluarga membuat seseorang mampu berkorban dan saling memotivasi demi mimpi bahtera rumah tangga yang sukses dunia akhirat.

Maka, setiap orang akan berusaha mewujudkan anggota keluarga yang samawah untuk saling menjadikan ladang surga untuk yang lainnya. Suami ladang surga bagi istrinya, istrinya ladang surga bagi sang suami, juga anak-anak kepada orang tua dan begitu pun sebaliknya. Dengan demikian keluarga adalah tempat kita saling mencintai, berkorban, mengedukasi, dan menghantarkan kepada masa depan gemilang (surga).

Jadi keluarga adalah sumber spirit, karena di dalamnya ada anak dan istri harapan kita, tempat bernaung dan yang terpenting adalah merupakan embrio untuk melahirkan manfaat bagi masyarakat, bangsa, negara dan agama.

Salam keluarga samawah untuk semua. Semoga bermanfaat!


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 22 September 2021. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

Penulis: Rakimin Al-Jawiy (Dosen Psikologi Islam Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Editor: Hakim