Biografi Imam Abdullah bin Alwy Ba’alawy

 
Biografi Imam Abdullah bin Alwy Ba’alawy
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Abdullah bin Alwy Ba’alawy

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Pendidikan
2.2       Murid Beliau

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Dermawan

4.         Membawa Keberkahan di Kota Mekkah

5.         Untaian Kata Para Ulama

6.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliau Al imam Al Alim Al Amil Al Wari’ Az Zahid Al Waliyul Kabir Afifuddin Abdullah bin Alwy bin Faqihul Muqaddam, Allah mengumpulkan pada diri beliau ilmu syariat dan hakikat serta menempuh jalan tarekat.

1. Riwayat Hidup dan Keluargai

1.1 Lahir

Beliau Imam Abdullah bin Alwy Ba’alawy dilahirkan semasa hidup kakeknya Al Faqihul Muqaddam sekitar tahun 640 H atau 638 H.

1.2 Wafat

Beliau berumur Sembilan lima puluh tahun atau sekitar itu dan meninggal pada hari Rabu pertengahan Jumadil Awal tahun 731 H

1.3       Keluarga

Beliau meninggalkan tiga orang anak Muhammad dan Ali saudara seibu dari Imam Muhammad Mauladawilah sedangkan yang ketiga adalah Ahmad bin Abdullah, ibunya adalah sepupu dari ayahnya.

Imam Ahmad ini tidak tidur malam kecuali sedikit saja, beliau beliau meninggalkan seorang anak shaleh ahli zuhud dan arif billah yang bernama Muhammad bin Ahmad, beliau memiliki kekeramatan yang luar biasa dan mendapat julukan Jamalulail, ibunya adalah Aisyah binti Sayyid Ali bin Alwy, beliau dimakamkan di Mushaf di kota Qasam, meninggal tahun 787 H.

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Pendidikan

Imam Abdullah bin Alwy Ba’alawy hidup di kota Mekkah selama delapan tahun dan Allah menyebarkan keberkahan beliau kepada para penduduknya, di sana beliau menimba ilmu dari para ulama besar, bahkan telah dua kali beliau memimpin shalat Istisqa, untuk penduduk kota Mekkah dan akhirnya Allah mengangkat musim paceklik dari mereka berkat beliau.

Beliau termasuk orang yang kuat pengorbanannya dalam beribadah kepada Alllah swt hingga beliau mendapat anugerah dan ilmu Laduni yang besar dari Allah.

2.2       Murid Beliau

Beliau menghasilkan banyak ulama di antara mereka yang unggulan adalah Al Faqih Ali bin Salim, Syeikh Muhammad Ba Syuaib, Syeikh Umar Bawazir (yang dimakamkan di daerah Ghail), Syeikh Saleh Fadl bin Abdullah ibnul Faqih Fadl Asy Syihri, Syeikh Ba Hamran, Syeikh Khalil bin Syeikh Ba Maimun, dan di antara anak didik beliau adalah keponakanya yang tercinta Syeikh Muhammad bin Ali Mauladawilah.

1.    Tiga orang putranya; Ali, Muhammad dan Ahmad.
2.    Keponakannya, Muhammad Muladawilah.
3.    Sepupunya: Abu Bakar dan Alawi bin Ahmad.
4.    Sayyid Muhammad bin Alawi.
5.    Syekh Abdullah bin Al Faqih Ahmad bin Abdul Rahman.
6.    Syekh Ali bin Silim.
7.    Syekh Fadhal bin Muhammad Ba Fadhal.
8.    Syekh Abdullah bin Al Faqih Fadhal.
9.    Syekh Muhammad bin Ali Ba Syuaib Al Anshari.
10.    Syekh Muhammad bin Al Khatib.
11.    Syekh Muhammad bin Abi Bakar Ba Abbad.
12.    Syekh Muhammad bin Ali Ba Syu’aib Al Anshari.
13.    Syekh Muhammad bin Khatib.
14.    Syekh Ahmad bin Ali Al Khatib.
15.    Syekh Abdul Rahman bin Muhammad Al Khatib.
16.    Syekh Umar Bawazir (dimakamkan di Al Ghail Al Asfal).
17.    Syekh Khalil bin Umar bin Maimun peduduk Ahwar.
18.    Syekh Maflah bin Abdullah bin Fahad.
19.    Syekh Bahmaran (dimakamkan di Maifa’ah, ia bukan Bahmaran murid Al Faqih Al Muqaddam)

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Dermawan

Beliau dikenal dermawan, di zamannya beliaulah yang menafkahi seluruh Bani Alawy berikut para pembantu mereka, beliau sedekahkan seluruh hartanya kecuali sedikit yang beliau sisakan sekitar Sembilan puluh ribu dinar untuk memperbaiki masjid Ba’alawy dan menjamu para tamu yang dating ke kota Tarim, di samping beliau menyedekahkan beberapa tempat untuk para tamu yang singgah di daerah Wasithah ada sedekah yang lainya, bahkan beliau pernah dalam majelisnya menyediakan lima ratus dinar.

4. Membawa Keberkahan di Kota Mekkah

Beliau hidup di kota Mekkah selama delapan tahun dan Allah menyebarkan keberkahan beliau kepada para penduduknya, di sana beliau menimba ilmu dari para ulama besar, bahkan telah dua kali beliau memimpin shalat Istisqa, untuk penduduk kota Mekkah dan akhirnya Allah mengangkat musim paceklik dari mereka berkat beliau.

Beliau termasuk orang yang kuat pengorbanannya dalam beribadah kepada Alllah swt hingga beliau mendapat anugerah dan ilmu Laduni yang besar dari Allah.

5. Untaian Kata Para Ulama

Sayyid Muhammad bin Ali Mauladawilah bercerita : “Aku telah telusuri selama perjalananku dari Mekkah ke Hadramaut, dari sosok yang aku lihat tak seorangpun yang setingkat dengan pamanku Syeikh Abdullah Ba’alawy.”

Saidina Abdurrahman Assegaf bin Muhammad berkata : “Penduduk zaman ini telah sepakat bahwa Syeikh Abdullah Ba’alawy merupakan sisa dari para ulama ahlu Ijtihad.”

Alfaqih Al Badal Ali bin Salim berkata : “Sewaktu aku di kota Mekkah bersama Syeikh Abdullah Ba’alawy di bulan Ramadhan, bila kami selesai dari shalat Tarawih, masing masing dari kami shalat dua rakaat membaca seluruh Al Qur’an di dalamnya, dan kami tidak makan malam kecuali setelah selesai shalat dan buka kami hanya seteguk air atau satu buah kurma saja, di samping itu aku juga bertadarus Al Qur’an dengan beliau, tidaklah selesai tadarus melainkan masing masing telah menyelesaikan setengah Al Qur’an.”

6. Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya