KH. Husein Muhammad: Mendahulukan Hafal atau Nalar?

 
KH. Husein Muhammad: Mendahulukan Hafal atau Nalar?
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Usai berkunjung ke Fahmina Institute, dua orang tamu, Dr. Fachruddin dan kang Eji, kami makan malam di sebuah rumah makan sederhana ditemani Habib Saleh. Lalu terjadi diskusi soal fenomena hafalan dan penalaran. Mana yang lebih utama? Masing-masing ada penggemarnya dan sebaiknya kedua-duanya. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah dengan menjalani keduanya (hapal dan nalar) akan menghasilkan keunggulan dan kemampuan yang sama?

Aku menyampaikan. Ini pertanyaan yang konon pernah dibahas para ulama zaman klasik. Mungkin menarik pandangan Al-Jahiz, Abu Utsman Amr, (w. 868 M), sastrawan dan teolog Mutazilah terkemuka. Dia menulis dalam bukunya yang terkenal Rasail Jahizh:

متى ادام الحفظ اضر ذلك بالاستنباط ومتى ادام الاستنباط اضر ذلك بالحفظ

"Menekankan kebiasaan menghapal bisa mengurangi kemampuan menganalisis, dan kebiasaan menganalisis bisa mengurangi kemampuan menghapal." (Rasail al-Jahizh)

Pernyataan al-Jahizh di atas mungkin dapat berarti bahwa orang yang banyak menghapal atau kuat hapalannya, pada umumnya kurang cerdas atau tidak cukup mampu berpikir rasional. Dan orang yang banyak berpikir atau seorang rasionalis pada umumnya tidak banyak hapalan atau hapalannya lemah.

Tetapi boleh jadi ada orang yang dianugerahi keduanya dalam porsi yang sama, kuat dalam hapalan sekaligus cerdas. Sejumlah ulama dahulu ada yang memiliki kemampuan dua-duanya, seperti Imam Abu Hanifah, Imam al-Syafi'i, Imam al-Ghazali, Ibn Arabi, Ibn Hazm, dan lain-lain.

Lalu mana yang lebih baik dilakukan atau diutamakan jika kedua keinginan tersebut berhadapan? Lebih baik memilih yang hapalan atau yang berpikir rasional?

Silakan berpendapat.

Oleh: KH Husein Muhammad


Editor: Daniel Simatupang