Ziarah Makam KH Ahmad Dahlan Tremas, Ulama Besar Ahli Ilmu Falak

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH Ahmad Dahlan Tremas, Ulama Besar Ahli Ilmu Falak
Sumber Gambar: Viva

Laduni.ID, Jakarta – Salah satu ulama besar yang sangat berpengaruh perkembangan ilmu falak di Nusantara ialah KH. Ahmad Dahlan Tremas, Pacitan. Namanya memang serupa dengan KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah, namun keduanya merupakan sosok yang berbeda.

KH Ahmad Dahlan Tremas lahir pada tahun 1862 M, di Tremas, Pacitan, Jawa Timur. Lahir dari seorang ayah bernama KH Abdullah bin KH Abdul Mannan bin Demang Dipomenggolo I dan Nyai Siti Aminah. KH Abdul Mannan merupakan peletak batu pertama Pondok Tremas yang dirintis selepas nyantri di Pondok Tegalsari Ponorogo di bawah asuhan KH Hasan Besari.

Dengan nama sapaan As-Samarani, KH Dahlan Tremas memulai pendidikannya ke beberapa kiai di Tremas, selanjutnya kepada sang kakak KH Mahfudz Tremas di Mekkah, KH Sholeh Darat, dan ke Syaikhona Kholil Bangkalan.

KH Dahlan Tremas merupakan ulama ahli ilmu falak yang banyak dipengaruhi oleh pemikiran keilmuan sang guru, KH Sholeh Darat yang juga ahli dalam ilmu falak.

Diantara beberapa karya beliau adalah Tadzkiratu al Ikhwan fi Ba’dli Tawarikhi wal ‘Amali al Falakiyati (selesai ditulis 1901), Natijah al Miqat (selesai ditulis 1903) dan Bulughu al Wathar (selesai ditulis 27 Dzul Qa’dah 1320 di Darat, Semarang). Hingga saat ini banyak karya-karya beliau yang belum terlacak.

Lokasi Makam

KH Ahmad Dahlan Tremas wafat di Semarang pada hari Ahad tanggal 7 Syawal tahun 1329 H/ 1911, dimakamkan di Komplek Pemakaman Bergota Krakal, di Jalan Bendungan, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Makam beliau berada di sisi timur Makam KH Sholeh Darat.

Sumber foto: Viva


Editor: Daniel Simatupang