Ziarah Makam KH. Thohir Bakri, Pendiri dan Ketua Umum GP. Ansor Pertama

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. Thohir Bakri, Pendiri dan Ketua Umum GP. Ansor Pertama
Sumber Gambar: dok. pribadi/FB M Yunus Gipo Albotoputih

Laduni.ID, Jakarta – Anshoroe Nahdlatoel Oelama (ANO) atau yang dikenal saat ini dengan Gerakan pemuda Ansor adalah organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang kepemudaan, sosial, dan keagamaan.

Ansor lahir pada 10 Muharram 1353 atau bertepatan dengan 24 April 1934 pada Muktamar NU ke-9 di Banyuwangi. Saat itu, yang menjadi nahkoda pertama Ansor adalah KH. Thohir Bakri.

KH. Thohir Bakri lahir pada 1908 di Kampung Praban, sebuah Kawasan di Selatan Tugu Pahlawan Surabaya. KH. Thohir Bakri kecil menimba ilmu di Pondok Pesantren Peterongan, jombang. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Pondok pesantren Tebuireng, Jombang asuhan Hadratussyeikh KH. Hasyim Asy’ari.

KH. Thohir Bakri menghabiskan seluruh waktu dan hidupnya hanya untuk Ansor, hal tersebut beliau lakukan bahkan sebelum Ansor berdiri. H.A.A. Achsien pernah menuliskan kisahnya dengan KH Thohir Bakri pada Harian Duta Masyarakat pada 11 Agustus 1959.

Dia mengisahkan bahwa ketika menemui KH. Thohir di Bubutan VI/2, ia selalu melihat Kiai Thohir bercengkrama dengan mesin tik membalas surat-surat dari cabang-cabang Ansor di seluruh Indonesia. Semua itu beliau kerjakan sendiri, sebab saat itu KH Umar Burhan sedang mengerjakan tugas lain.

Lokasi Makam

KH. Thohir Bakri wafat pada 26 Juli 1959, makam beliau terletak di Komplek Pemakaman Islam Tembok Dukuh Surabaya, Jl. Tembok Dukuh X, Tembok Dukuh, Kec. Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Makam beliau berada satu komplek dengan makam pencipta lambang NU, KH. Ridwan Abdullah.

Juga terdapat papan nama yang bertuliskan, “Tokoh pendiri Gerakan Pemuda Ansor KH. M. Thohir Bakri”. Selain itu terdapat pula makam pendiri Ansor lain, yaitu KH. Abdullah Ubaid.


Editor: Daniel Simatupang

 

yang Sudah Mengunjungi Ziarah Makam KH. Thohir Bakri, Pendiri dan Ketua Umum GP. Ansor Pertama

  • muhammad fatchul bari muhammad fatchul bari