Doa agar Terhindar dari Hal yang Menakutkan Saat Tidur

 
Doa agar Terhindar dari Hal yang Menakutkan Saat Tidur
Sumber Gambar: Ilustrasi/Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Sebagian orang pernah merasakan takut, cemas, dan gelisah saat memejamkan mata ketika tidur. Mereka merasa aka nada hal-hal buruk yang terjadi baik di dunia nyata maupun di dunia mimpi. Dalam dunia medis, hal ini disebut sebagai Somniphobia.

Dikutip dari hellosehat.com, Simnophobia atau yang juga dikenal dengan hypnophobia adalah kondisi di mana seseorang merasakan ketakutan dan kecemasan ekstrem di saat hendak tidur. Mereka merasa akan ada hal-hal buruk yang terjadi saat tidur, serta merasa ketakutan apabila tidak bisa bangun dan membuka mata lagi.

Namun, kondisi ini tidak bisa didiagnosa tanpa bantuan dokter. Sebelum seseorang melakukan diagnosa pada diri sendiri terkait kondisi ini, hendaknya segera dikonsultasikan dengan seorang profesional.

Apabila kondisi ini terjadi pada Anda, cobalah untuk berdoa sebelum tidur. Terdapat sebuah doa yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Jika kalian merasa takut dalam tidurnya, maka hendaklah membaca:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa 'iqaabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni

“Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya dan dari siksa-Nya, dan dari kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan gangguan syetan.”

Doa ini juga pernah diajarkan oleh Sahabat Abdullah bin Amr kepada anak-anaknya yang telah baligh. Abdullah bin Amr memerintahkan putrea-putranya untuk selalu membaca doa tersebut, sedangkan putranya yang belum baligh ia menuliskannya pada sebuah kertas kemudian mengalungkannya di leher sang anak.

Sumber: Hadis riwayat Abu Daud dan Imam Tirmidzi, tercantum dalam kitab al-Adzkar karya Imam an-Nawawi


Editor: Daniel Simatupang