Islam Nusantara

 

Sejarah Kesultanan Mataram Islam

Kerajaan Mataram berdiri pada tahun 1582. Pusat Kerajaan ini terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta, yakni di Kotagede. Dalam sejarah Islam,Kesultanan Mataram memiliki peran yang cukup penting dalam perjalanan secara kerajaan-kerajaan islam di Nusantara (Indonesia)

Sejarah Kesultanan Pajang

Pajang adalah kesultanan pasca Kesultanan Demak runtuh. ketika Hadiwijaya diangkat menjadi Sultan Demak ke V. dan Akhirnya Seluruh kegiatan dipindah ke daerah Pajang,

Sejarah Kesultanan Demak-Bintoro

Demak adalah kesultanan Islam pertama di pulau Jawa. Sebelum berdirinya  Kesultanan  Demak,  beberapa  pelabuhan  perdagangan Islam telah dikembangkan di Jawa, seperti Jepara, Tuban dan Gresik,

Sejarah Tradisi Bubur Pada Sepuluh Muharam

Tradisi membuat bubur pada sepuluh Muharam atau Asyuro ini biasanya dilakukan di daerah Madura yang disebut dengan bubur tajin dan mereka menyebutnya tajin sora yang terbuat dari bubur nasi dengan kuah ketan.

Pondok Bendo Pare Kediri Lahirkan Ulama-ulama Besar Mashur Pada Zamannya

Syekh Muhajir atau KH. Khozin Al-Muhajir rahimahullah adalah Muassis (pendiri) Pondok Pesantren Bendo atau PP. Darul Hikam Bendo Pare Kediri.

Daftar 32 Ulama Nusantara yang Dimakamkan di Ma’la Mekkah

Ada sebanyak 32 ulama Nusantara yang dimakamkan di Jannatul Mu’alla Mekkah atau yang dikenal dengan pekuburan Ma’la, yang berada di utara Masjid Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Syekh Kholil Bangkalan dan Jejaring Pesantren di Nusantara

Syekh Muhammad Kholil atau yang kerap dipanggil dengan Syekh Kholil Bangkalan atau Mbah Kholil yang memiliki gelar Syaichona yang bermakna Mahaguru, orang yang dihormati sebagai gurunya para kiai-kiai Nahdlatul Ulama (NU) dan ulama-ulama seantero Nusantara.

Pancasila, Azas Tunggal Hasil Ijtihad Ulama NU

Pancasila adalah azas tunggal bangsa Indonesia. Pancasila dirumuskan berdasarkan kesepakatan seluruh kalangan antar-umat beragama...

Mengenal Istilah Sunan dalam Literatur Bahasa Indonesia

Kata sunan memang sangat lumrah di kenal oleh masyarakat indonesia sebagai seorang manusia yang tinggi ilmu agamanya, terutama ketika bisa berdakwah dan menyampaikan risalah islamiyaah bagi orang awwam terlebih khusus yang ada di daerah Jawa ini

Imam Besar di Sudan Shalat Menggunakan Langgam Jawa

Salah satu imam besar masjid di Sudan Syekh Nourin Mohamed Siddiq dalam mengimami Shalat di masjid besar di Sudan menggunakan bacaan ayat Alqur'an dengan langgam Jawa.

Menampilkan 1 - 10 dari 548 Islam Nusantara