Islam Nusantara

 

Derajat Sunan Bonang: Rajanya Para Wali Allah di Tanah Jawa

Betapa sangat tinggi derajadnya Sunan Bonang. Beliau terkenal dengan Sulthonul Auliya atau rajanya para wali Allah di Tanah Jawa.

Keilmuan Nusantara: Mengingat Kembali Khazanah yang Terlupakan

Dulu, pesantren mengajarkan minimal empat aksara: Jawa, Pegon, Jawi Melayu dan Sunda atau Bali. Bukan cuma pegon. Keluarga priyayi di Jawa ngaji aksara Jawi melayu ke pesantren.

KH. Achmad Siddiq: Ideolog Populisme NU untuk Islam Nusantara

Kiai Achmad Siddiq Jember dan Rais Am PBNU (1984-1990) adalah salah satu kiai arsitek Khittah NU, sekaligus perumus empat pilar "kekuatan NU".

Melawan Lupa: Inilah Nama-nama Tokoh Penggerak NU dari Luar Jawa

Berikut ini kami rangkum dari postingan KH Ahmad Baso tentang sejumlah nama yang menjadi penggerak NU dari luar Jawa. Selamat membaca.

Kiprah Tokoh Muda NU dari Luar Jawa yang Terlupakan (3)

Meski dari luar Pulau Jawa, tokoh-tokoh ini banyak berkontribusi untuk NU kala itu. Siapa saja mereka? Bagaimana kontribusinya pada NU?

Kiprah Tokoh Muda NU dari Luar Jawa yang Terlupakan (2)

Sejarah beberapa riwayat tokoh muda NU dari luar Jawa, ternyata kini banyak dilupakan. Meski dari luar Pulau Jawa, tokoh-tokoh ini banyak berkontribusi untuk NU kala itu. Siapa saja mereka? Bagaimana kontribusinya pada NU?

Kiprah Tokoh Muda NU dari Luar Jawa yang Terlupakan (1)

Dalam tulisan KH. Ahmad Baso yang diunggah di akun Facebook pribadinya menulis sejarah tentang beberapa riwayat tokoh muda NU dari luar Jawa yang kini banyak dilupakan.

Ngaji Islam Nusantara: Pepakuning Nusa Jawi

Pada awal tahun 1990-an Gus Dur pernah menyebut NU sebagai jangkar politik-nya NKRI, yakni segenap elemen masyarakat  menerima dan membutuhkan NU. 

Ahmad Baso: Islam Nusantara, Wahabisasi Kekerasan dan Politisasi Islam

Islam Nusantara jelas ditujukan sebagai satu bentuk tanggung jawab keumatan-kebangsaan NU untuk melindungi umat Islam dan rakyat Indonesia dari berbagai bahaya paham sesat dan menyesatkan. Mengapa berbahaya?

Mata Uang Picis Demak Abad ke-15

Banyak kini yang sibuk nyari di mana kraton Demak, tapi lupa bahwa ada mata uang Demak yang lebih penting  dicari: karena memberi tambahan data tentang sejarah  para Wali Songo di Nusantara.