Islam Nusantara

 

Kemesraan Habib Umar bin Hafidz dengan Kiai Said saat Kunjungan ke PBNU

Dalam unggahan video Youtube Sarung Maul terlihat kemesraan antara Habib Umar bin Hafidz dengan Kiai Said, namak pula Habib Umar sangat bahagia ketika berada di PBNU, karena PBNU selalu istiqomah menjaga ajaran-ajaran Ahlussunnah wal Jamaah sehingga masih tetap eksis sampai saat ini.

Kisah Syaikhona Kholil Mengirim Surat untuk Seekor Anjing Hitam

Kala itu musim haji telah tiba, dan sebagaimana yang telah berlaku hingga menjadi tradisi, seluruh penduduk Bangkalan yang hendak menunaikan ibadah haji terlebih dahulu sowan kepada Syaikhona Kholil. Diantara banyaknya yang berkunjung meminta restu keberangkatan, ada seorang calon jamaah haji yang Syaikhona titipkan surat untuk diberikan kepada seekor anjing hitam sesampainya di Majidil Haram

Hubungan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari dengan Al Azhar

“Saya tidak punya tempat lagi, kecuali Jami' Al-Azhar, dan Ulama'-nya Jami' Al-Azhar, yang bisa ditanya dalam semua masalah, dan yang mampu menyingkap masalah-masalah yang musykil,” Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari.

KH. Husein Muhammad: Gus Mus Kyai Besar yang Rendah Hati

Rembang, 30 Maret 2014. Jam 14.30 Ahad, Gus Mus (GM), nama panggilan akrab KH. Mustofa Bisri, menutup dengan berdo’a menandai berakhirnya diskusi buku karya seorang pemikir progresif Mesir, Dr. Ali Mabruk. Dengan begitu Diskusi eksklusif yang berlangsung selama dua hari di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang, Jawa Tengah, berakhir sudah

Karakter Mbah Kyai Wahab Chasbullah

Mbah Wahab itu itsar, senantiasa mengutamakan kepentingan Bersama dibandingkan kepentingan pribadinya. Mbah Wahab itu visioner, memiliki visi yang jelas tentang masa depan, mau dibawa ke mana pesantren, dibawa ke mana NU dan bangsa, semuanya telah beliau perhitungkan dengan matang.

Hadratussyaikh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari: Antara Ilmu Tafsir, Hadis, dan Fikih

Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari sebagai pendiri ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama, juga masyhur dikenal sebagai ulama ahli hadis. Sudah sepantasnya kita sebagai santrinya harus bisa atau paling tidak mendekati untuk mengikuti jejak beliau dalam keilmuannya. Kita juga harus menjadi ahli hadis.

Menimba 'Berlian' dari Riwayat Hidup Mbah Sidik Jember

“Sidik Jember, Sidik Jember, Sidik Jember!” Begitulah R. KH. Moh. Kholil, pengasuh Pondok Pesantren Kademangan Bangkalan, berteriak-teriak menyambut santrinya Mohammad Sidik, dari Lasem, ketika sowan ke Bangkalan untuk menanyakan gundah hatinya terkait dengan masa depan pengabdian hidupnya di jalan Tuhan.

Kisah Kopyah Kyai As'ad Tak Mempan Dibom

KHR. As’ad Syamsul Arifin bukan merupakan sosok kyai yang biasa-biasa saja, beliau memiliki karomah yang sangat luar biasa. Tak jarang karomah beliau dilihat langsung oleh santri atau orang yang sedang berada di dekat beliau.terdapat kisah menarik yang menceritakan tentang hebatnya karomah KHR. As’ad Syamsul Arifin

Interaksi Gus Dur dengan Buku, Musik, Seni dan Film

Saya sendiri bukan pelukis seperti sahabat Dhinus Mahatva atau Nandang, tapi setidaknya perjumpaan pemikiran pada persoalan filsafat, kebangsaan dan pluralisme, termasuk tema-tema lukisan dan tafsirannya ia menjadi obrolan yang selalu hadir dan mengalir begitu saja, syaratnya cukup kretek dan seruput kopi liong.

Karena Terlalu Alim, Syekh Nawawi Al-Bantani Pernah Dideportasi

Syekh Nawawi mashyur dikenal sebagai figur ulama yang alim pada zamannya. Saking alimnya, beliau pernah dideportasi dari Haromain karena kecemburuan ulama setempat atas prestasi dan karir akademik beliau sebagai pengajar di Masjidil Haram.