Kitab - Sirajuth Thalibin

ID Kitab151
PengarangSyaikh Ihsan Ibnu Dahlan al Jampesi al Kadiri al jawiTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/Kategorisyarah
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

SIRAJUTH THALIBIN  salah satu kitab karya ulama nusantara yang mendunia ulasan dari kitab Minhaj al-Abidin karya Imam al-Ghozali.   
Kitab ini ditulis oleh ulama asal Jampes, kediri (Jawa Timur) Syaikh Ihsan Ibnu Dahlan al Jampesi al Kadiri al jawi atau lebih dikenal dengan panggilan Syaikh  Ihsan Jampes.  
Syaikh Ihsan dilahirkan pada tahun 1901 M. Dengan nama asli Bakri, dari pasangan KH. Dahlan dan Ny. Artimah. KH. Dahlan, ayah Syaikh Ihsan, adalah seorang kiai yang tersohor pada masanya dan yang pertama kali merintis berdirinya Pondok Pesantren Jampes pada tahun 1888 M.

Secara garis besar isi kandungan kitab tidak jauh dari kitab matannya yaitu menjelaskan isi dari kitab Minhajul Abidin dengan makna yang lebih luas. Kitab ini memuat lebih dari ketebalan 1000 halaman dan yang menjadi keistimewaan dalam hal ini adalah  Syaikh Ihsan Jampes menyelesaikan tulisannya dalam kurun waktu tidak lebih dari delapan bulan. Sehingga kealiman beliau dalam hal ini sudah tidak diragukan lagi.

Dan yang menarik untuk kita ketahui bersama adalah, beliau hanya mengenyam pendidikan (nyantri) kepada ulama-ulama nusantara saja. Dan tidak pernah mengenyam pendidikan di Timur Tengah layaknya ulama-ulama lainnya.

Beberapa Pesantren yang pernah disinggahi oleh Syaikh Ihsan adalah:

Di bagian akhir, Syaikh Ihsan juga menyampaikan bahwa kitab Sirajut Thalibin tersebut selesai ditulis di rumanya (ndalem), di Jampes, Kediri, Jawa Timur.

و كانت مدة تهذيبه مع شواغل الدهر و إبلائه ثمانية أشهر إلا أياما، آخرها فى نهار الثلاثاء التاسع و العشرين من شعبان المكرم الذي هو من شهور سنة إحدى و خمسين بعد الثلثمائة و الألف من هجرة من له تمام العز و الشرف.

و ذلك بمنزلي فى محلة جمفس ببلد كديري من بلاد جاوه حرسها الله تعالى و سائر بلاد المسلمين.

و الحمد لله في البدء و الختام ما كرت الدهور و مرت الأعوام. و صلى الله على نبيه و آله الكرام و سلم.

(Masa penulisan kitab ini adalah delapan bulan kurang beberapa hari, yang berakhir pada siang hari Selasa, 29 Sya'ban 1351 H. di rumah saya, di Jampes, Kediri, Jawa [Timur]).

Kiranya sudah sangat jelas bahwa penulis kitab Sirajut Thalibin berasal dari tanah Jawa, bukan jazirah Arab dari paparan dan data-data tersebut, maka kita bisa simpulkan bahwa karya ini (Sirâj al-Thâlibîn) adalah karya Syaikh Ihsan Dahlan bukan karya dari Syaikh Zaini Dahlan sebagaimana cetakan yang diterbitkan oleh Dâr al-Kutub al-Ilmiyyah.

Selain itu, kitab Tasawuf ini telah mendapat taqrizh atau endorsment dari ulama besar pada masanya, seperti Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari (Tebuireng), Syaikh Abdul Karim (Lirboyo), Syaikh Muhammad Khazin bin Shalih (Bendo Pare), Syaikh Muhammad Ma'ruf bin Abdul Majid (Kedunglo), Syaikh Muhammad Yunus bin Abdullah (Kediri) dan Syaikh Abdurrahman bin Abdul Karim (Nganjuk).

Dulu, Gus Dur juga telah 'menggugat' kesalahan ini pada penerbit Timur Tengah.

Ala kulli hal, kitab yang kini dikaji di Masjid al-Azhar, Mesir, ini adalah atsar dari muallifnya, Syaikh Ihsan Jampes. Jika kita sebagai generasi setelahnya ingin mengenalnya maka bacalah kitab-kitabnya, termasuk Sirajut Thalibin ini, sebagaimana ungkapan:

إن أثارنا تدل علينا # فانظروا بعدنا إلى الآثار

"Syaikh Ihsan telah meninggalkan atsar yang baik dan bermanfaat bagi umat berupa kitab, pesantren, putra dan putri serta santri.

Terimakasih telah membaca Kitab SIRAJUTH THALIBIN di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

 IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :  SIRAJUTH THALIBIN     (PDF)
Tebal           :   1098 halaman (PDF)

 

  Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!