Kitab Mauidhoh Al Mukminin Min Ihya' 'Ulumiddin

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab593
PengarangSyaikh Muhammad Jamaluddin Al QosimiTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriIbadah
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syaikh Muhammad Jamaluddin Al Qosimi yang merupakan hasil ringkasan dari kitab Ihya’ Ulumuddin karya Al ‘Allamah Al Imam Hujjatul Islam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al Ghazali Ath Thusi. Imam Ghazali merasa perihatin karena dulu ada 2 golongan besar umat Islam, yaitu ahli fiqih dan ahli tasawuf. Golongan ahli fiqh itu tujuannya surga, konteksnya halal haram saja. Sedangkan ahli tasawuf hanya memikirkan akhirat, tidak memikirkan dunia, karena tujuannya adalah Allah, menghadap Allah tanpa memikirkan surga neraka. Imam ghazali menginginkan golongan umat yang seimbang antara keduanya (ahli fiqih dan tasawuf) sehingga bahagia dunia akhirat dan dapat berjumpa dengan Allah . Dalam beribadah hitam putih halal haramnya sesuatu itu penting, tapi harus diimbangi dengat niat dan keikhlasan. Dalam hal sholat, tidak hanya rukun dan syarat saja yang dijalankan, namun juga hudhurul qolbi, menghadirkan hati dengan kekhusyukkan.

Syaikkh Jamaluddin ingin membuat ringkasan dari kitab Ihya’ Ulumuddin sehingga akan memudahkan pembaca dalam memahami kitab tersebut. Beliau mulai menulis karangannya sejak tahun 1323 M yang kemudian diberi nama Mauidhoh Al Mukminin yang memiliki arti bimbingan untuk mencapai tingkat mukmin. Karena zaman bersifat dinamis begitupun persoalan agama maka kaum muslimin perlu sebuah pegangan dan bimbingan agar tetap di jalan yang benar dan tradisi ulama salaf bisa tetap terjaga.

 

Terimakasih telah membaca Kitab Mauidhoh Al Mukminin Min Ihya' 'Ulumiddin,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Mauidhoh Al Mukminin Min Ihya' 'Ulumiddin (PDF)

 

PENULIS              

:

Syaikh Muhammad Jamaluddin Al Qosimi

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

---------------

   

 

TAHUN                

:

  M / H

       

 

Tebal                  

:

543 halaman (PDF)

       

 

                         

 

 

Silahkan sebarkan dan bagikan postingan ini

Semoga bermanfaat.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya. [ riwayat Muslim].”

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!