Artikel

 

Memori Indah Rasulullah SAW Bersama Sayyidah Khadijah

Sayyidah Khadijah merupakan istri pertama dari Rasulullah SAW yang sangatlah beliau cintai. Kecintaan Rasulullah SAW sangat dalam kepadanya, hingga kepergian Sayyidah Khadijah pun membuat Rasulullah SAW bersedih, dan bahkan saat itu disebut sebagai “'Amul Huzn” (Tahun Kesedihan)

Tentang Dalil Haul Sayyidah Khadijah

Jadi, memperingati haul Sayyidah Khadijah itu bukanlah suatu hal yang terlarang, sebab sebagaimana substansi dalam Hadis di atas, hakikatnya Rasulullah SAW juga selalu mengenang Sayyidah Khadijah dengan membagikan daging kambing yang disembelihnya kepada teman-teman dan kerabat istrinya itu.

Biografi Syekh Mahfudz At-Tarmasi

Syeikh Mahfudz At-Tarmasi memulai pendidikannya dengan belajar langsung kepada ayahnya, KH. Abdullah. Beliau belajar Al-Qur’an, Fathul Mu’in, Fathul Wahhab, Syarah As-Syarqowiyah Al-Hikam dan tafsir Al-Jalalin hingga sampai surat Yunus saja.

Arubah Adalah Awal Mula Nama Hari Jumat

Dan dalam beberapa kajian, hari itu ('Arubah), adalah hari di mana orang Arab menampilkan hasil karyanya (puisi), hasil perdagangannya, temuan sihirnya, dan lainnya.

Ziarah di Makam KH. Bachri Basyiron, Hafidzul Qur’an di Usia Senja

KH. Bachri menghabiskan masa senjanya dengan menghafalkan Al-Qur’an. Hal ini dilakukan lantaran banyak santri yang setoran Qur’an bi Al-Nadhar hingga banyak ayat yang nyaris dihafal sebelum mereka setoran kepada menantu bungsunya, KH. A. Wafiruddin asal Tuban Jawa Timur.

Sejarah Awal dan Berkembangnya Bahasa Sunda

Bahasa Sunda adalah anggota rumpun bahasa Melayu-Polinesia, yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Austronesia. Dengan demikian, bahasa Sunda merupakan salah satu turunan dari bahasa rekonstruksi Proto-Melayu Polinesia yang leluhur reka ulangnya adalah bahasa Proto-Austronesia.

Pesantren Darul Falah Ternate

Pondok Pesantren Darul Falah Ternate yang dirintis oleh KH. Achmad Dardiri perantau dari Jawa Timur bersama teman-teman perantau Jawa. Pondok pesantren Darul Falah Ternate didirikan oleh Jemaah Sholawat Walisongo pada 14 Oktober 2019. Dan sejak 7 juni 2020 telah aktif dan memiliki beberapa santri.

Pesantren Madinatul Ulum Jember

Pondok Pesantren Madinatul Ulum ini merupakan lembaga pendidikan Pondok Pesantren yang berada di Jember selatan yakni di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember provinsi Jawa Timur, tepatnya ± 15 KM dari kota Jember, dan ± 4 KM dari Pondok Pesantren Al Wafa (tempurejo).

Sebelum Ada Deterjen, Masyarakat Indonesia Mencuci Menggunakan Buah Ini Loh!!

Dahulu kala, masyarakat Indonesia memiliki cara yang unik untuk mencuci pakaian mereka, jauh sebelum deterjen menjadi hal umum. Mereka menggunakan buah lerak, yang memiliki nama ilmiah Sapindus rarak de Candole. Buah ini merupakan sumber daya alam yang melimpah di wilayah tropis seperti Indonesia.

Tahun 625 M: Rahasia Mimpi Rasulullah SAW serta Petunjuk Sebelum Pertempuran Uhud

Kafir Quraisy Makkah tidak terima dengan kekalahan yang dideritanya dalam perang Badar melawan pasukan umat Islam. Sesaat setelah kejadian itu, Abu Sufyan, salah satu pemuka kafir Quraisy Makkah, memprovokasi dan mendesak orang-orang Quraisy untuk melancarkan balas dendam terhadap umat Islam.

Menampilkan 61 - 70 dari 13.085 Artikel