Allah selalu Menyeru agar Manusia Meminta Hanya kepada-Nya

 
Allah selalu Menyeru agar Manusia Meminta Hanya kepada-Nya
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menyaksikan orang yang bergantung kepada orang lain. Padahal, Allah selalu menawarkan kepada hamba-Nya agar meminta hanya kepada Allah SWT. Namun, kebanyakan manusia masih sering meminta kepada selain Allah SWT.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang pernah disampaikan oleh KH. Abdul Syakur Yasin atau yang akrab disapa Buya Syakur, dalam sebuah video di akun Youtube pribadinya. Menurut Buya Syakur, kebanyakan orang sekarang lebih yakin untuk meminta kepada sesama makhluk.

Secara fisik, kita memang tahu bahwa uang yang diperoleh adalah berasal dari orang ke orang. Kita pun menyadari bahwa perputaran uang adalah terjadi antarmakhluk ke makhluk. Lebih dari itu, setiap rezeki yang didapat kita tahu selalu dihubungkan dengan kerja keras yang kita lakukan. Tapi, anggapan ini perlu dikoreksi kebenarannya.

Berdasarkan penjelasan Buya Syakur, tidak ada yang lain yang patut untuk dimintai sesuatu kecuali kepada Allah SWT. Beliau kemudian mencontohkan, orang yang berhasil dalam memanen tanaman kemudian dia merasa bahwa hasil panen tersebut karena hasil kerja kerasnya. Benarkah hakikatnya itu semua berkat dari usahanya?

“Apa yang kamu kerjakan? Nanam padi. Nanamnya di mana? Ya di sawah. Sawah itu yang bikin siapa? Apa yang kau tanam? Ya bibit padi. Yang bikin bibit siapa? Terus kamu airi? Yang bikin air siapa? Yang menurunkan hujan dari langit, siapa? Lalu, di mana letak susah payahmu?,”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN