Pesantren Al Falah Dago Bandung

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Al Falah Dago Bandung

Profil
Al Falah Dago itu sendiri, yaitu di pusat Kota Bandung yang tepatnya di Jl. Cisitu Baru No. 38 Kelurahan Dago Kec. Coblong Kota Bandung, yang dimana daerah tersebut merupakan daerah sentral pendidikan karena mengingat Jarak dari Ponpes Al Falah ke pusat pendidikan sangatlah dekat seperti ke ITB (500 m), Ke Unikom (500 m), UNISBA, UPI, STKS Dll. Oleh karena itu, santri dan santriat Al Falah kebanyakan santri/at yang sambil kuliah dan sekolah dilingkungan Al Falah.

Pesantren Al Falah dibangun secara bertahap sejak tahun1950 oleh pendirinya, yaitu almarhum Bapak KH, Saefudin Ahmad atau yang lebih dikenal denga panggilan ustadz Idi, Beliau adalah seorang pendidik yang juga aktif di pergerakkan sejak zaman penjajah Belanda. Jepang bahkan sampai zaman kemerdekaan, Beliau beberapa kali keluar masuk penjara karena perjuangannya yang konsisten untuk menegakkan Syari’at Islam. Keyakinan akan pentingnya pembangunan sumber daya insani ummat sesuai dengan teladan dari Rasulullah SAW pada tahap awal da’wahnya, bangunan yang pertamakali didirikan adalah ruang belajar (madrasah) dengan mengkhususkan pada pendidikan agama.

Kemudian setelah cukup banyak orang yang mau melakukan sholat baru dibangun mesjid, Menurut pendapatnya akan sia-sia dibangun mesjid jika belum ada orang yang mau sholat dan meramaikan mesjid tersebut. Pada tahun 1958, madrasah diniyyah Al Falah dirubah statusnya menjadi Madrasah Ibtidaiyyah Al Falah, dan Bapak Ustadz H, Saefuddin Ahmad menjadi guru agama yang diperbantukan dari Departemen Agama dan sekaligus merangkap sebagai kepala sekolah.

Pada 13 Januari 1961, atas usulan beberapa teman beliau, Pesantren Al Falah dibuat Badan Hukum berupa yayasan yang diberi nama Yayasan Pesantren Islam Al Falah, dengan ketua Bapak KH Ahmad Sobandi, dan Pak Ustadz menjadi wakil ketuanya. Sekolah lanjutan mulai dirintis pada tahun 1964, yaitu dengan didirikannya sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA 4 tahun), tetapi kemudian PGA ini dirubah menjadi Tsanawiyyah pada tahun 1974 sesuai dengan ketentuan Departemen Agama, dimana pada waktu itu sekolah PGA swasta jumlahnya dibatasi dengan alasan sudah kelebihan tenaga pengajar agama islam untuk sekolah dasar.

Karena pertimbangan teknis dimana lulusan madrasah tsanawiyyah pada saat itu tidak dapat melanjutkan ke SMA, serta beberapa pertimbangan teknis dan administratif yang kurang kondusif, maka pada tahun 1976 Madrasah Tsanawiyyah (MTs) Al Falah ini dirubah menjadi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Falah dengan menerapkan kurikulum Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pada tahun 1976 ini Madrasah Ibtidaiyyah dirubah statusnya menjadi Sekolah Dasar (SD), Dengan demikian sejak tahun ini sekolah-sekolah Al Falah kurikulumnya berorientasi pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sedangkan pola pengajaran salafiyyah tetap dijalankan secara baik dan konsisten.

Dalam upaya memenuhi harapan para jamaah dan alumni yang telah mukim dan terjun dan mengabdi di masyarakat dengan mendirikan madrasah atau pesantren sendiri, maka pada tahun 1978 didirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Falah. Dalam meningkatkan peran Pesantren Al Falah dalam era industrialisasi yang sedang berkembang, maka pada tahun 1984 didirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Listrik, Jurusan Mesin Perkakas dan Mesin Otomotif.
Pengasuh
KH. Saefudin Ahmad
KH. A. Suganda, S.Ag
KH. Udin Syahrudin

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. SD Al Falah
2. SMP Al Falah
3. SMA Al Falah
4. SMK Al Falah

Pendidikan Non formal
1. Tahfidzul Qur’an
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Seni Hadrah/Marawis
4. Paduan Suara
5.Seni Musik
6.Khitobah
7.Kursus Kaligrafi
8. Kursus Komputer
9. Pramuka
10. English Club
11. Mading
12. Ketrampilan Hidup/Wirausaha: Belajar Komputer, Teknik Komputer, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Mesin Industri
 


Santri sedang sholawatan diiringi hadrah


Para santri sedang kajian kitab kuning

Fasilitas
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Gudang
5. Perpustakaan
6. MCK/WC
7. Ruang tamu
8. Kopontren
9. Dapur
10. Aula
11. Lapangan
12. Kantor
13. Posko Kesehatan 
14. Lab. Komputer
15. Lab. Praktek Bengkel Otomotif
16. Lab. MIPA
17. Lab. Bahasa
18. Lab. Praktek Mesin Industri
 


Lapangan Olahraga dilatar belakangi gedung pesantren


Gedung sekolah 

Alamat
Jl. Cisitu Baru No. 52 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Propinsi Jawa Barat
Kode Pos:    40135
Telepon:       (022) 2530133 , 2530135, 2504284
Untuk Keterangan dan Informasi Pendaftaran silahkan hubungi : https://ponpesalfalah.wordpress.com/
Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.