Bagaimana Cara Menggapai Shalat Khusyuk ?

 
Bagaimana Cara Menggapai Shalat Khusyuk ?

Pertanyaan

  1. Kami ingin menanyakan masalah kehusyukan dalam shalat. Kami kadang-kadang kurang khusyu' dalam salat dengan dasar pikiran kami kemana-mana. Kami sudah berusaha untuk khusyuk' tapi masih belum khusyuk juga kami mengulangnya beberapa kali. Namun demikian,juga masih belum khusyu'. Dan untuk menghindari hal tersebut bagaimana tindakan kami, mohon penjelasan bapak.
     
  2. Ketika kami shalat di sebuah mushola, kami melihat seorang ibu sedang shalat, beliau bersama anaknya yang masih kecil kira-kira berumur tiga tahunan. Ketika ibunya shalat, anaknya berlari-larian disekitar ibunya. Saking bandelnya anak tersebut dia jatuh, lalu ibunya menjerit dalam shalatnya. Yang kami tanyakan, sahkah ibu anak tersebut dalam shalatnya? mohon penjelasan bapak pengasuh.

Baca juga:    Bagaimana Hukumnya Menggantung Perceraian?

Jawaban

1. Saudara penanya yang terhormat, masalah kekhusyukan yang saudara tanyakan, kita sebagai manusia biasa tidak akan mungkin dalam shalat sejak takbiratul ihram sampai dengan salam tidak mengingat selain Allah. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah Kitab yang menjadi asbabun nuzul dari ayat Al-Qur'an surat An-Najm ayat 32:

... فَلاَ تُزَكُّوْااَنْفُسَكُمْ هُوَاَعْلَمُ بِمَنِ الَتَّقى (النجم:23)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN