Pesantren Bustanul Muta’allimin Pakis Kab. Semarang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Bustanul Muta’allimin Pakis Kab. Semarang
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pondok Pesantren Salafiyah Bustanul Muta’allimin semula khusus mengajarkan kitab-kitab agama dengan menggunakan sistem sorogan ‘ala Kebumen dan Bandungan. Dengan perkembangan santri yang selalu bertambah yang datang dari berbagai daerah, maka pada tahun 1994 didirikan Madrasah Diniyah Alawiyah, Wustho dan ‘Ula di pondok tersebut. Selain itu juga banyak para santri juga merangkap dengan sekolah umum ada yang dengan sekolah SMP, MTs, SMA dan Aliyah di sekolah sekitar pondok pesantren tersebut. Meskipun demikian hal itu tidak mengurangi sistem sorogan Kebumen dan Bandungan yang sudah berjalan.

Pertama kali Akhirussanah diadakan pada tahun 1994 hingga sekarang di pondok pesantren ini diadakan 2 tahun sekali. Pada tahun 1996 telah diadakan Kejar Paket B / setara SMP sampai sekarang masih berjalan dan tahun 2006 dibukalah pendidikan Kejar Paket C (setara pendidikan SMA). Di pondok ini pula pada tahun 2000 mulai dari sorogan A; Al-Qur’an bil ghoib 30 Juz dengan pengasuh KM. Fadloli AH. anak menantu pertama yang berasal dari desa krandon Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.
Pada awal berdirinya pondok tahun 1991 belum ada namanya, sehingga pada waktu itu dikenal dengan sebutan Pondok Brojodito.

Akan tetapi sebutan seperti itu kurang tepat, kemudian diberi nama Bustanul Muta’allimin yang artinya perkebunan tempat anak-anak belajar dengan membawa sejarah bahwa dulunya tempat itu merupakan perkebunan yang sangat ditakuti oleh orang-orang yang lewat tetapi setelah ada bangunan pondok tersebut masyarakat yang akan jalan lewat yang dekat makam akan terasa tenang.

Mulai awal berdirinya sampai sekarang Pondok Pesantren Salafiyah Bustanul Muta’allimin mengalami peningkatan dalam jumlah santri maupun bangunan fisik, sampai saat ini santri putra dan putri tercatat 234 santri yang sebagaian besar mereka modok dan mengikuti pendidikan baik pendidkan formal maupun non formal, dimana setelah adanya kerja sama dengan Negara australi Indonesia sekarang telah berdiri Madrasah Tsanawiyah (MTs Bustanul Muta’allimin), sangatlah membantu perkembangan Pondok Pesantren.

SEJARAH

Pondok Pesantren Salafiyah Bustanul Muta’allimin berdiri pada tahun 1991 M di sebidang tanah wakaf bersertifikat seluas 895 m2 dari Wakif H. Abdul Ghoni dan Abu Naim. Pondok tersebut dikelola dan didirikan oleh KH. Marsudi Saefudin bin Ismari Ibrahim dari dusun Kropoh Desa Gogodalem Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.
Pada tahun 1989 santri mulai berdatangan dari beberapa daerah putra dan putri masih ditapung dikediaman Kyai. Setelah lebih 2 tahun santri bertambah banyak dan rumah Kyai sudah penuh maka merencanakan pembangunan pondok dan masjid di tanah wakaf tersebut pada tahun 1991 M. Sedangkan istri bernama Ny. H. Khafsah Asiyah binti Imam Khurmain berasal dari dusun Doplang I desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Dengan demikian Beliau bukan penduduk asli dari Brojodito bahkan pendatang pada tahun 1989. Beliau alumni Pondok Al-Ittihad Poncol yang diasuh oleh KH. Ahmad Asy’ari diteruskan ke pondok Riyadhotul Uqul Nampudadi petanahan Kebumen yang diasuh oleh KH. Jazuki Usman di pondok Kacangan Salem yang diasuh oleh KH. Qulyabi.

Pengasuh

  1. KH. Marsudi Saefudin
  2. KM. Fadloli AH

Baca juga :  Universitas Islam Sumatera Utara

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal

  1. MI 
  2. MTs

Pendidikan Non Formal

  1. TPQ
  2. Madrasah Diniyah
  3. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Kajian kitab kuning
  2. Tilawah Al Qur'an 
  3. Manakib
  4. Maulidan
  5. Istighotsah
  6. Latihan pidato 4  bahasa
  7. Kursus Bahasa Inggris, Bahasa Arab 
  8. Khot dan Kaligrafi Islam
  9. Tahfidzul Al-Qur'an
  10. Seni Hadrah
  11. Paduan Suara
  12. Marching Band
  13. PMR
  14. Pramuka
  15. Paskibra
  16. Komputer
  17. Olahraga: Sepakbola/Futsal, Basket, Voli, Bulutangkis, Pencak Silat

 

 
Hadrah di Pesantren Bustanul Muta’allimin 

 
Marching band di Pesantren Bustanul Muta’allimin 

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Ruang Kepala Madrasah
  2. Ruang Tata Usaha
  3. Ruang Guru
  4. Ruang Kelas
  5. Perpustakaan
  6. Laboratorium IPA
  7. Laboratorium Komputer
  8. Lapangan
  9. Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN)
  10. Masjid
  11. Asrama Putra dan Putri
  12. Toilet
  13. Lahan Parkir
  14. Kantin



Masjid di pesantren Bustanul Muta’allimin 


Gedung Asrama di pesantren Bustanul Muta’allimin 

Baca juga :   Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) 

ALAMAT

Doplang 1 Kelurahan Pakis Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang Jawa Tengah

Kode Pos       :   50772

Telepon          :   (0298) 7106-667

                             


 


 
 
 


             

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.