Sebuah Pesan Kehidupan

 
Sebuah Pesan Kehidupan
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Manusia adalah makhluk wujud yang dulu tidak ada, dan sekarang ada. Dan perlu ditekankan dalam memahami hal itu bahwa penyebab suatu keadaan terjadi bukanlah karena manusia, melainkan sebab-sebab terjadinya suatu kejadian di muka bumi ialah karena Allah.

Dalam sebuah pengajian Gus Baha pernah menerangakan, bahwa gambaran Fir’aun itu adalah orang yang pakai status sebagaimana yang diajarkan oleh Allah kepada kita. Fir’aun itu adalah makhluk yang sekarang ada, tapi sebelumnya dia itu tidak ada. Padahal sebelum ada Fir’aun sudah ada bumi, ada langit, dan ada matahari. Sebelum ada Yesus sudah ada bumi, ada matahari.

Dari hal tersebut, kemudian kita menemukan sebuah kenyataan bahwa penciptaan langit dan bumi itu bukanlah karena penyebabnya Fir’aun. Tidak sama sekali. Kenapa demikian? Karena dia ada setelah adanya langit dan bumi, begitu juga dengan Yesus, begitu juga dengan semuanya. Maka pemahaman yang demikian ini perlu untuk disampaikan secara massif agar umat Islam tercerahkan.

Saat ini banyak orang hidup dengan kondisi yang sama, namun merasakan situasi yang berbeda. Sebut saja, misalnya ketika zaman Pilpres 2019, banyak orang yang sudah kaya sebelum Pak Jokowi jadi presiden, begitu juga sebelum Pak SBY jadi presiden, atau sebelum Pak Soekarno jadi presiden dan seterusnya. Begitu juga dengan kemiskinan yang dialami oleh sebagian orang. Namun manusia sering kali lupa bahwa yang memberikan kekayaan dan yang memiskinkan mereka itu tidak lain adalah Allah, bukan situasi yang sedang dirasakan saat itu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN