Pesantren Asy-Syarifah Demak

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren Asy-Syarifah Demak

PROFIL 

Pondok Pesantren Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak adalah suatu lembaga pendidikan nonformal yang berbentuk pesantren di Kecamatan Mranggen yang orientasi utama pendidikannya adalah bagaimana para santri yang belajar di Pondok itu bisa belajar mengaji Al-Qur’an dengan fasih dan tartil, bahkan kalau bisa para santri sangat diharapkan untuk bisa menghafalkan Al-Qur’an 30 juz. Pondok pesantren Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak pertama kali dirintis oleh KH. Wahab Mahfudhi (Alm) dan Ibu Nyai H. Hajar Jariyah Al-Hafidzoh sejak tahun 1974. Dan pada saat sekarang ini Pondok pesantren Asy-Syarifah telah diasuh oleh KH. Ulin Nuha, S.S yang tidak lain merupakan anak kandung dari KH. Wahab Mahfudhi dan Ibu Nyai H. Hajar Jariyah sendiri.

SEJARAH

Mengenai sejarah berdirinya Pondok pesantren AsySyarifah, pada mulanya dimulai dengan adanya beberapa santri putri yang datang dan ingin menyantri kepada beliau berdua dengan maksud ingin menghafal Al-Qur’an dan mengkaji kitab kuning, sementara waktu itu beliau masih belum punya rumah sendiri. Sebab saat itu beliau masih tinggal di rumah milik ibunya yang bernama Mbah Suti’ah.

Lalu atas inisiatif beliau sendiri dan didorong oleh temannya yang bernama H. Nurudin, kemudian beliau membuat satu ruang kecil di samping rumah ibundanya untuk ditempati oleh beberapa santri putri tersebut. Kemudian, dua tahun setelah peristiwa datangnya beberapa santri putri yang ingin nyantri tersebut, tiba-tiba datang pula beberapa santri putra yang juga ingin nyantri dengan beliau. Hingga akhirnya beliau membuat satu ruang kecil bagi santri putra di sebelah selatan rumah, dengan jarak kurang lebih 50m dari rumah beliau.

Dan sejak saat itulah beliau resmi mendirikan Pondok putra, tepatnya pada tahun 1976. Lama-lama dengan bergantinya tahun, rupanya dari dua ruang kecil itu berubah menjadi sebuah pesantren, dan pesantren ini mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali, serta jumlah santrinya pun kian bertambah, yang awalnya hanya beberapa saja berubah menjadi puluhan, hingga akhirnya menjadi ratusan santri seperti sekarang ini. Beberapa di antaranya bahkan banyak yang berasal dari luar pulau Jawa. 

Dan dengan adanya pesantren putra-putri itu, rupanya beliau juga merasa terpanggil untuk mengembangkan agama Islam pada masyarakat desa Brumbung. Hingga akhirnya berkat keteguhan, keuletan, serta keikhlasannya, beliau berhasil mendirikan Madrasah Diniyyah pada tahun 1977. Kemudian seiring dengan lajunya perkembangan masyarakat yang semakin cepat di segala aspek, serta kurang benarnya anak-anak dalam membaca Al-Qur’an, maka beliau mempunyai inisiatif supaya anak-anak itu mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Berdasarkan hal itu lah kemudian beliau juga mendirikan TPQ pada tahun 1990 sebagai modal pertama untuk mengenalkan anak-anak terhadap ajaran agama dan Al-Qur’an. Adapun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan kemajuan ilmu dan teknologi, akhirnya beliau juga mendirikan sekolah formal berupa MTS dan MA yang tentunya tidak meninggalkan pelajaran agama supaya nantinya dapat menjadi bekal bagi para santri dalam kehidupan bersosial dengan masyarakat di sekitarnya.
 

Pengasuh

  1. KH. Wahab Mahfudhi 
  2. Nyai H. Hajar Jariyah sendiri
  3. KH. Ulin Nuha, S.S

Baca juga :  Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ)​ Wonosobo

PENDIDIKAN

​​Pendidikan Formal

  1. MTs
  2. MA

​​Pendidikan Non Formal

  1. TPQ
  2. Madrasah Diniyah (MD)
  3. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Palang Merah Remaja (PMR)
  4. Basket
  5. Sepakbola
  6. Voli
  7. Futsal
  8. Sains Club
  9. English Club
  10. Arabic Club
  11. Seni Musik Islami (Seni Hadroh)
  12. Pencak Silat
  13. Badminton
  14. Tenis Meja
  15. Kaligrafi
  16. Ketrampilan hidup: Menjahit, Elektronik, Tata Boga, Tata Busana


Khotmil Qur'an kitab kuning di pesantren Asy-Syarifah


Komputer di pesantren Asy-Syarifah

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Gedung asrama pondok
  2. Gedung sekolah
  3.  Lab. Bahasa
  4.  Lab. Komputer
  5.  Lab IPA
  6.  Ruang Perpustakaan
  7. Ruang Multimedia
  8. Perpustakaan
  9.  Sarana Olahraga 
  10.  Klinik/Poskestren
  11. Workshop Elektronik dan Menjahit
  12. Mushola putra dan putri
  13.  Aula
  14. Hotspot Area


Laboratorium Komputer di pesantren Asy-Syarifah


Gedung Sekolah di pesantren Asy-Syarifah


Baca juga :   Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung

ALAMAT

Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Kode Pos       :    59567

Telepon          :   (024) 76744797

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.