Biografi Aamir bin Syurahbil

 
Biografi Aamir bin Syurahbil
Sumber Gambar: Foto istimewa

LaduniI.ID Jakarta – Nama lengkap Aamir bin Syurahbil bin Abdi Dzi Kibar asy-Sya’bi; merupakan seorang ulama terkemuka dari generasi tabi’in. Beliau seorang penghafal hadis dan menjadi rujukan ilmu. Ia meriwayatkan hadis dari Ali bin Abu Thalib, Abu Hurairah, Ibnu abbas, Aisyah, Ibnu Umar dan lain lainnya.

Baca Juga:   Biografi Ibnu Syihab Azzuhri

Contents

Riwayat Hidup

Baca Juga:   Biografi Suraih Alharits bin Harits Alkindi

Lahir

Aamir bin Syurahbil lahir pada tahun 17 H. Sebagian sejarawan mengatakan beliau lahir pada masa pemerintahan khalifah Umar bin Khattab.

Wafat

Aamir bin Syurahbil wafat pada tahun 104 H.

Baca Juga:   Biografi Masruq bin Ajda Alhamadani

Pendidikan dan Sanad Keilmuan

Beliau mendapat kesempatan untuk bertemu sebanyak kurang lebih 500 sahabat yang mulia. Beliau meriwayatkan dari sahabat-sahabat utama seperti Ali bin Abi Thalib, Sa’ad bin Abi Waqash, Zaid bin Tsabit, Ubadah bin Shamit, Abu Musa al-Asy’ari, Abu Sa’id al-Khudri, Nu’man bin Basyir, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abbas, Adi bin Hatim, Abu Hurairah dan Siti Aisyah.

Aamir bin Syurahbil dikenal sebagai pemuda yang cerdas, lembut hatinya, tajam analisanya, bagus pemahamannya dan kuat daya hafal dan ingatannya diriwayatkan bahwa dia berkata, “Tiada aku menulis di lembaran putih atau aku dengan hadis dari seorang melainkan aku mampu menghafalnya, dan tiada pernah aku mendengar perkataan dari orang melainkan aku tak ingin dia mengulangi ucapannya.”

Guru-guru Beliau:

  1. Utsman bin Affan
  2. Abdullah bin Abbas
  3. Ali bin Abi Thalib
  4. Abu Musa Al Asy‘ari
  5. Zaid bin Tsabit
  6. Jabir bin Abdullah
  7. Syekh Hasan Al Bashri
  8. Abdullah bin Umar
  9. Al Aswad bin Yazid Ibnu Qois An Nakho'i 
  10. Masruq bin Ajda Alhamadani
  11. Al Qamah bin Qalis An Nakho'i 
  12. Suraih Alharits bin Harits Alkindi

Murid-murid Beliau:

  1. Hammad bin Sulaiman
  2. Imam Malik bin Anas
  3. Imam Abu Hanifah
  4. Muhammad Al Hasan
  5. Sa’id bin al-Musayyab
  6. Aamir bin Syurahbil asy-Sya’bi

Teladan

Para ulama sepakat bahwa Aamir bin Syurahbil adalah seorang imam dan perawi hadis terpercaya. Semua ulama memujinya karena keluasan ilmu dan keutamaannya. Ibnu Sirin berkata kepada Abu Bakar al-Huzaly, “Tetaplah engkau bersama asy-Sya’bi (Aamir bin Syurahbil), aku melihat bahwa beliau telah berfatwa di masa sahabat masih banyak jumlahnya.” Ibnu Abi Laila berkata, “ Asy-Sya’bi (Aamir bin Syurahbil) adalah seorang ulama hadis sedangkan Ibrahim Nakha’iy seorang ahli qiyas”. Dan asy-Sya’bi sendiri pernah berkata, “Kami bukan fuqaha, kami hanya meriwayatkan hadis.”.

Baca Juga:   Biografi Urwah bin az-Zubair

Sumber :  Grafis Sanad Keilmuan Nahdlatul Ulama

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya